Rozana Eka Putri

Lulusan dari FIS UNP tahun 2007 jurusan Geografi, kemudian melanjutan pendidikan di PPS UNP tahun 2008 jurusan Ilmu Lingkungan, lahir dan besar di Lubuk B...

Selengkapnya
Navigasi Web

Konsep Dasar Ekologi sebagai dasar Ilmu Lingkungan

Secara Istilah, Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos (rumah atau tempat hidup) dan logos (ilmu). Sedangkan secara harafiah ekologi mempelajari hubungan timbal-balik antara organisme atau kelompok organisme dengan lingkungannya. Kemudian menurut Odum (1971), EKOLOGI adalah Studi yang mempelajari struktur dan fungsi ekosistem atau alam dimana manusia adalah bagian dari alam. Hal ini disebabkan karena ekologi mempertanyakan tentang:

1. Bagaiamana alam bekerja?

2. Bagaimana suatu spesies beradaptasi dalam habitatnnya?

3. Apa yang diperlukan dari habitatnya itu untuk dapat dimanfaatkan guna melangsungkan kehidupan?

4. Bagaimana mereka mencukupi kebutuhannya akan unsur hara, materi dan energi?

5. Bagaimana mereka berinterkasi dengan spesies lain?

6. Bagaimana individu-individu dalam spesies tsb diatur dan berfungsi sebagai populasi?

7. Bagaimana keindahan ekosistem tercipta?

Dari pertanyaan diatas ini dapat disimpulkan bahwa ekologi merupakan ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara makluk hidup dengan sesamanya dan dengan komponen disekitarnya. Pola hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan sesamanya yang sudah terbentuk ini terjadi di lingkungan biotik dan lingkungan abiotik yang secara umum kita sebut sebagai lingkungan hidup.

Sumber:

Odum, EP. 1983. Basic Ecology. Saunders, Philadelphia

Zoer´aini D.I. 2003. Prinsip-prinsip Ekologi dan Organisasi. PT Bumi Aksara, Jakarta

#TantanganGurusiana

#Tantanganharike-10

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post