Rudianto, M. Pd.

Rudianto, M.Pd. pernah menjadi guru SMP dan SMK. Pernah menjadi Tentor Primagama. Pernah menjadi Dosen. Pernah bergabung dengn USAID Prioritas sebagai fasilitat...

Selengkapnya
Navigasi Web

INDONESIA NEGARA ADMINISTRASI

Akreditasi sering menjadi momok bagi sebiah lembaga ketika akan menghadapinya. Sekolah, Madrasah, perguruan tinggi, rumah sakit, dan sebagainya akan kelimpungan ketika akan menghadapi akreditasi. Sebulan menjelang asesor datang kehidupan kantor berubah menjadi kantor yang menyiapkan bejibun administrasi.

Pada hari yang sudah ditentukan asesorpun datang. Semuanya tersenyum. Asesor puas. Pimpinan puas. Warga puas. kepuasan yang disebebkan oleh hal yang berbeda. Asesor puas karena sakunya menebal. Pimpinan puas karena hasil akreditasinya "A". warga puas karena "bucat bisul".

Apakah akreditasi A sesuai dengan keberadaan lembaga itu? Mengapa untuk akreditasi A bisa disiapkan hanya dalam waktu satu atau dua bulan?

ini semua terjadi karena akreditasi hanya memotret kelengkapan administrasi yang berhubungan dengan kinerja dua tahun terakhir. Andai saja akreditasi dilakukan dengan benar, visitasi jangan hanya dilakukan pada saat akan penilaian. Visitasi dilakukan secara bertahap dan periodik, perempat bulan atau per tiga bulan selama dua tahun masa penilaian. Dengan seperti ini nilai kareditasi bisa menjadi potret lembaga yang bersangkutan. Akreditasi A bagi lembaga berarti lembaga tersebut nyaman secara fisik, kinerja, dan semuanya.

Namun hasil akreditasi yang ada sekarang masih berupa potret buram.

Ah. Andai saja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ah...andai saja saya bisa selalu menulis....teruskan pak

14 Nov
Balas

Mari kita mulai

14 Nov



search

New Post