Rukayah

Rukayah itu namaku, lahir di kota Magetan yang asri pada 21 Juli 1976, SDN Kediren 2 langkah awal mengenyam pendidikan pada usia 8 tahun, melanjutkan ke M...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengajar dirumah dengan Classroom

Pembelajaran di rumah di tengah ancaman virus Convid 19 salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalam classroom. Google bekerja sama dengan para pengajar di seluruh negeri untuk menciptakan Classroom: sebuah fitur yang efisien, mudah digunakan, dan membantu pengajar dalam mengelola tugas. Dengan Classroom, pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat.

Banyak manfaat yang anda dapatkan dalam menggunakan aplikasi ini, apalagi ditengah merebaknya virus Corona yang mengharuskan guru, dan siswa belajar dan mengajar dari rumah. Manfaat aplikasi ini di antaranya :

a. Melaksanakan pembelajaran terbaik dan gratis

b. Memudahkan administratif dengan lebih efisien

c. Dapat berdiskusi dengan siswa secara daring

d. Belajar dan mengajar di mana pun, kapan pun, dan di perangkat apa pun

Langkah-langkah membuat classroom sebagai berikut :

1. Buka classroom.google.com, lalu buka classroom. Masukkan nama pengguna anda, menggunakan gmail dan password, akan muncul selamat datang, setelah muncul ini maka klik terima (accept).

2. Classroom juga bisa di instal di Hanphone dengan cara unduh dari playstore dan bisa membuat kelas sesuai yang anda miliki

3. Langkah selanjutnya adalah membuat kelas yang anda ampu, bila anda memiliki gmail secara ketika membuka google maka akan muncul di kanan atas menu gmail, image, dan titik sembilan, klik titik sembilan akan muncul berbagai aplikasi, scrool ke bawah akan muncul classroom aanda seperti gambar berikut :

4. Untuk selanjutnya Anda akan diminta memilih peran apakah sebagai seorang siswa atau pengajar. Apabila anda berperan sebagai guru, klik “saya sebagai guru” dan untuk selanjutnya Anda akan diarahkan ke laman beranda kelas, jika kita pernah membuat akan muncul kelas kelas yang anda buat. Jika belum maka klik tanda plus pojok kanan, ada dua pilihan gabung kelas (join class) dan buat kelas (create class) . Jika anda sebagai guru pilih buat kelas (create class)

Akan muncul pop up tulisan “menggunakan Classroom dengan siswa” klik atau tekan kotak tanda persetujuan, selanjutnya anda bisa mulaai membuat kelas, tulis nama kelas, bagian (pada bagian ini bisa anda tuliskan Kompetensi keahlian bagi yang SMK atau Peminatan/Jurusan untuk SMA) , dan ruang seperti gambar berikut :

Dari gambar tersebut memiliki fungsi masing-masing

a. Gambar A (Forum) berfungsi untu berdiskusi, tanya jawab dan memberikan materi bagi guru,

b. Gambar B (Tugas Kelas) berfungsi untuk memberikan tugas kepada siswa berupa kuis pertanyaan dan tugas yang lain,

c. Gambar C (Anggota) memuat siswa yang tergabung di dalam kelas anda

d. Gambar D (Nilai) memuat nila yang kita berikan kepada siswa

e. Gambar E (Kelas dan Kode Kelas )menunjukkan nama kelas dan kode kelas yang akan kita berikan kepada siswa untuk bergabung

f. Gambar F (Tema) berfungsi untuk mengubah latar belakang dengan cara menggunggah gambar baik dari koleksi yang ada di komputer kita, latar belakang yang sudah tersedia dan bisa melalui interne

5. Agar siswa bisa bergabung di kelas kita maka kita memberikan kode kelas dengan cara klik gambar kode kelas di pojok kiri atas, lalu tekan tanda kotak untuk memperbesar kode kelas. Setelah semua siswa tergabubg kita bisa memulai belajar mengajar di kelas maya kita

Saya kira cukup sekian dulu tulisan ini, besuk kita sambung dengan bagaimana cara memberikan tugas kepada siswa dan menilainya. Sampai berjumpa besuk ya.. semoga negeri ini segera terbebas dari virus Covid 19. Kita bisa melakukan belajar mengajar dengan normal.

#tantangangurusiana

Tantangan ha ke 4

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa ilmunya, sangat bermanfaat.

24 Mar
Balas

alhamdulillah makasih bun...

26 Mar

makasih bun dihari ke 5 ada kelanjutannya nggih

25 Mar
Balas



search

New Post