Rukmini

GURU SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG...

Selengkapnya
Navigasi Web
' TGT dalam Pernafasan '

' TGT dalam Pernafasan '

(Tantangan Gurusiana hari ke-25)

#TantanganGurusiana Bagaimana Cara Memanage kelas, agar bisa lebih efektif saat melaksanakan Praktik di kelas atau di Laboratorium Ipa ? Sebagai seorang guru IPA Metode Praktek itu harusnya lebih sering- digunakan sebagai bentuk pembelajaran yang Contekstual, karena dengan metode Praktik proses pembelajaran menurut tahapan kognitif versi Taxonomi Bloom mulai dari mengingat, memahami, mengaplikasi otomatis akan langsung terkuasai oleh siswa, bahkan sampai tahapan mencipta. Namun permasalahannya adalah sulitnya memanage waktu supaya apa yang dipraktikkan tidak menyita waktu yang ada.

Nah Bagaima caranya kita bisa melakukan Proses pembelajaran yang efektif seperti itu ? Model apa yang dipakai ?

Dan berikut adalah pengalaman belajar yang saya lakukan dengan model pembelajaran berupa perlombaan antar kelompok yang biasa dikenal dengan Teams-Games-Tournament (TGT) . Materi yang dibahas saat itu adalah tentang pernafasan materi Biologi kelas 8 semester 2. Pada materi tersebut setiap kelompok ditugaskan membuat proyek pembuatan alat pernafasan menggunakan bahan- bahan dari botol bekas air mineral yang akan dilombakan pada pertemuan berikutnya.

Alat dan Bahan serta Cara membuat sudah ada di buku pedoman tinggal menyiapkan yang harus dibawa pada pertemuan yang telah ditentukan. Kriteria penilaian pun dibacakan mulai dari ketepatan Waktu, hasil Produk, Kekompakan, tampilan presentasi pembuatan alat beserta kesimpulannya. Untuk ketepatan waktu, saat lomba waktu yg diberikan hanya 15 menit, bagi yang sudah selesai wajib, acungkan tangan dan menuliskannya dipapan tulis urutan selesainya. Yaitu 1 sd 8. Karena kelompok yang di bentuk ada 8. Untuk memberi semangat kepada mereka juara 1 yg selesai duluan sebrlum 15 menit diberi nilai maksimal 100, 2 - 95, 3-90. dan seterunya terendah 80. Juara 1 sd 3 wajib melakukan prentasi di depan kelas. Kemudian hasil produknya di kumpulkan. Sebelum lomba pastikan susunan posisi duduk U , alat dan bahan harus siap di depan meja kerja anak- anak. Stopwachpun dipakai untuk melihat durasi yang digunakan.

Hitunganpun dimulai dengan cekatan anak- anak membuat model alat pernafasannya. Alhamdulillah, anak- anak Ramai, semua bekerja, semua sibuk ingin lebih dulu selesai ingin tampil yang terbaik dan gurunya juga sibuk berkeliling merekam setiap kelompok. Dan akhirnya para juarapun didapatkan setelah 15 menit, bagi yang belum selesai disarankan tetap melanjutkan... tapi setelah presentasi . Jadi mereka wajib berhenti dulu untuk memperhatikan presentasi kelompok yang meraih juara 1, 2 dan 3. Kegiantan inti dari presentasi, anak wajib mendemonstrasikan proses saat terjadinya pernafasan dengan menggunakan model alat yang dibuatnya. Sebagai tips tambahan informasikan ke anak klo mau menang harus banyak- banyak latihan membuat alat tersebut caranya bisa dilihat di youtube. Demikianlah, kegiatan belajar selama dua jam pelajaranpun selesai sampai dengan anak menarik kesimpulan bersama sesuai dengan tujuan belajar saat itu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Woww kerennn, sy mau donk jadi muridnya

14 Feb
Balas



search

New Post