Rumadi, S. Pd

Guru Bidang Studi Matematika SMP negeri 20 Surabaya...

Selengkapnya
Navigasi Web
MAKNA RUMUS LUAS DAN KELILING LINGKARAN

MAKNA RUMUS LUAS DAN KELILING LINGKARAN

Rumus Luas dan Keliling Lingkaran

Flashback sebentar ke masa-masa di bangku sekolah menengah. Kita pernah mengenal rumus luas dan keliling lingkaran, yaitu :

Luas Lingkaran = π x r²

Keliling Lingkaran = 2 x π x r atau = π x d

Apabila,

π (phi) = 3,14 atau 22/7

r = jari-jari

d = diameter

Rumus lingkaran ini memiliki korelasi yang sangat erat dengan rukun Islam yang ke lima yakni, haji, dan rukun haji yakni, tawaf. Perintah haji kita temukan dalam Alquran sedangkan perintah tawaf berasal dari hadis-hadis sahih. Bagaimanakah hubungan antara Islam dengan angka 22 dan angka 7?

Para peminat matematika dan Alquran menemukan dalam penelitiannya bahwa ternyata surah haji merupakan surat ke 22 dan dalam ibadah haji kita diwajibkan tawaf mengelilingi kakbah sebanyak 7 kali putaran. Jadi rumus luas dan keliling lingkaran yang menerapkan angka 22/7 dalam operasinya, merupakan cerminan ibadah haji, dengan gerakan mengelilingi kakbah 7 kali putaran. For me, it’s marvelous!

عِنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ اِذَا طَافَ فَى اْلحَجّ وَ اْلعُمْرَةِ اَوَّلَ مَا يَقْدَمُ فَاِنَّهُ يَسْعَى ثَلاَثَةَ اَطْوَافٍ بِاْلبَيْتِ ثُمَّ يَمْشِى اَرْبَعَةً، ثُمَّ يُصَلّى سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ يَطُوْفُ بَيْنَ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةِ. مسلم 2: 920 Dari Ibnu ‘Umar bahwasanya Rasulullah SAW ketika thawaf dalam haji dan ‘umrah, mula-mula yang beliau lakukan adalah berjalan cepat tiga kali putaran mengelilingi Ka’bah, kemudian berjalan biasa empat kali putaran, kemudian shalat dua rekaat, kemudian sa’i antara Shafa dan Marwah. [HR. Muslim juz 2, hal. 920]
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa, pak

17 Apr
Balas

MasyaAllah, luar biasa, Pak.

17 Apr
Balas

Aamiin

19 Apr



search

New Post