Ruminten Supadmi, SE

Seorang Guru Ekonomi di SMA Negeri 1 Rangkasbitung, tinggal di Cibadak, Kab.Lebak, Banten. Subhanallah, Walhamdulillah, Walaillahaillallah, Allahuakbar....

Selengkapnya
Navigasi Web
ALIRAN SUNGAI CIBERANG NAN SEJUK

ALIRAN SUNGAI CIBERANG NAN SEJUK

ALIRAN SUNGAI CIBERANG NAN SEJUK

#Menulis hari Ke-44

#Media Guru Indonesia

#Gurusiana

Sungai Ciberang mengalir di daerah Kabupaten Lebak, Banten. Sungai yang berhulu dari Gunung Halimun ini menjadi salah satu sungai penting di Kabupaten Lebak. Keberadaan Sungai Ciberang di daerah Hulu sungai menjadi sangatlah vital. Berbagai keperluan seperti : mencuci pakaian, mencuci alat rumah tangga, dan mengairi sawah. Air sungai yang mengalir jernih nan sejuk, ditambah bebatuan di sebagian permukaan sungai membuat betah bermain-main di sungai. Ikan-ikan terlihat berenang dengan damai. Pemandangan alam yang dikelilingi pegunungan di sekitar sungai membuat semakin eksotis suasana.

Pada suatu kesempatan penulis mengunjungi sungai Ciberang di daerah Ciminyak, Muncang Kabupaten Lebak. Penulis merasakan langsung sejuknya aliran air Sungai Ciberang. Aliran Sungai Ciberang juga dimanfaatkan untuk destinasi wisata arung jeram di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Lebak Gedong, Kabupaten Lebak. Wisata yang bisa memacu adrenalin bagi penyuka olahraga air. Lokasi arung jeram berada di perbatasan antara Provinsi Banten dengan Provinsi Jawa Barat, sangat strategis buat para wisatawan. Berjarak sekitar 70 km dari arah Kota Rangkasbitung, sangat mudah dijangkau dengan kendaraan darat.

Sungai Ciberang akan melalui Kota Rangkasbitung dan bertemu dengan Sungai Ciujung-sungai yang berhulu dari Pegunungan Kanekes. Yang mengalir ke hilir sampai ke Laut Jawa. Dengan mengetahui begitu besarnya manfaat keberadaan aliran Sungai Ciberang nan sejuk, menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga kelestarian sungai dengan cara tidak membuang sampah ke aliran sungai. Sungai merupakan anugerah Tuhan yang dititipkan ke kita, dan akan kita wariskan ke anak cucu, alangkah bijaksananya kalau kita menjaga warisan itu dengan baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih informasinya. Keren Bun sukses selalu ya Bun. Salam literasi

04 Dec
Balas

Terima kasih Bunda Inah sudah mampir, salam sehat dan sukses Bunda

04 Dec



search

New Post