rusdiana djuni

Belajar merangkai kata, menuangkan dalam untaian kalimat berupa tulisan penuh makna, semoga positif dan barokah. Seorang istri sekaligus ibu bagi d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tempoyak

Tempoyak

T 205/917

Teringat masa kecil dahulu, saat panen durian di kebun, almarhum mama selalu membuat tempoyak. Mama rajin mengolah panenan buah durian. Durian yang dipanen biasanya dimakan langsung, tapi jika durian berlebih mama selalu membuat durian lempok juga membuat tempoyak. Mama berasal dari Sumatra Selatan daerah Lahat. Orang Palembang biasanya doyan tempoyak.

Adakah anda tahu tempoyak? Panganan dari daerah Sumatra, Melayu. Siapa doyan tempoyak? Wah dahulu kami sering sekali membuat tempoyak. Setiap panen durian dikebun pasti mama membuat tempoyak. Panganan ini berasal dari buah durian yang difermentasikan. Membuat tempoyak itu mudah lho, ini cara membuat tempoyak.

Pertama siapkan bahannya yaitu, buah durian dan garam. Pisahkan buah durian dari biji, taruh dalam wadah toples kaca, taburi garam secukupnya. Setelah selesai tutup wadah toples rapat - rapat. Diamkan satu minggu, jangan dibuka buka selama seminggu. Setelah satu minggu jadi tempoyaknya.

Tempoyak ini enak lho dimakan bersama nasi, cabe dan lalapan atau ulam. Rasanya mantab. Tempoyak bisa juga disayur bersama ikan atau ditumis dengan udang. Apapun olah tempoyak, pasti maknyus rasanya. Kalau tak percaya boleh dech dicoba.

Tapi sekarang kami jarang membuat tempoyak. Sejak mama tiada, kebetulan kebun durian sudah dibangun rumah juga, tempoyak jarang ada dirumah kami. Sesekali saja makan tempoyak. Kenangan tempoyak mengisi ruang batin. Sedapnya masakan tempoyak almarhum mama masih terkenang, tempoyak rindu diruang batin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tahu tempoyak saat nonton Upin Ipin. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu Rusdiana Djuni

24 Jul
Balas

Aamiin, terimakasih Pak Bambang Heru, sehat sukses selalu pak

25 Jul

Alhamdullilah tulisan yang keren . Mantap Bunda bagi -bagi resepnya.

24 Jul
Balas

Ia Bu Aluna, terimakasih sukses selalu bu

25 Jul

Sering dengar tapi belum pernah coba. Semoga sehat dan bahagia selalu Bunda.

24 Jul
Balas

Semoga kalau mencoba jadi suka, sehat sukses selalu bu. Terimakasih

25 Jul



search

New Post