Rusdi Pati

ALumnus IKIP Negeri Semarang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan saat ini mengajar di SMP Negeri 1 Jaken sejak 1 Juli 2003. Menulis buku: 1. WRITERPRENEUR ME...

Selengkapnya
Navigasi Web

RENUNGAN (8)

Karakter adalah tentang being... doing hanyalah cerminan dari inti di dalam diri kita. Sebenarnya, kesenangan yang kita dapatkan dari pekerjaan kita adalah hasil dari doing yang didasari being. "Siapa saya" menentukan "apa yang saya lakukan", bukan sebaliknya. dengan kata lain, kita adalah human being bukan human doing.

George Bernard Shaw mengilustrasikan tentang karakter bahwa manusia yang berakal sehat mengadaptasi diri dengan lingkungannya. Manusia yang tidak berakal sehat mengadaptasikan lingkungan dengan dirinya; karenanya, semua kemajuan bergantung pada usaha manusia yang tak berakal sehat.

Kita memahami secara empiris bahwa di dunia yang penuh tekanan ini, kita sangat mudah hanyut dalam ombak kehidupan dan mengikuti mayoritas. Kita seringkali mendapati diri terpaksa mengikuti nilai, pendapat dan ekspetasi orang-orang di sekeliling kita. Kepribadian, karakter, cita-cita, dan aspirasi kita harus berasal dari dalam diri kita, bukan dari luar.

Kehidupan yang terinspirasi dari dalam diri adalah inti dari karakter. Mengembangkan kekuatan dalam diri kita, memungkinkan kita untuk memancarkan kekuatan dan rasa percaya diri ke luar.

Cara pandang seperti ini dapat memberikan pengaruh langsung pada segala tindakan kita, cara kita melakukan sesuatu, dan alasan di balik pilihan tindakan kita. Saya ada maka saya melakukan, bukan saya melakukan maka saya ada.

Sumber: Phlip Baker, 2008, Rahasia Super Achiever, Jakarta: Esensi. Halaman 7-9.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post