Ruslina tahir

Bismillahirrohmanirrahim. Nama Ruslina Tahir. Guru SMPN 21 Makassar. Tinggal di Pallangga Kabupaten Gowa...

Selengkapnya
Navigasi Web
ADAB

ADAB

Seorang ulama pernah berkata “ Pelajarilah adab sebelum engkau mendalami sebuah bidang ilmu”. Pernyataan ini sungguh sangat shahih. Mengapa adab? Sebab adablah yang mampu menunjukkan eksistensi kita sebagai manusia. Adab adalah tata kesopanan atau norma – norma berprilaku yang baik, manusia yang beradab adalah manuisa yang memiliki akhlah yang sesuai dengan tujuan penciptaanya.

Allah berfirman dlm Al Qur’an :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku.(QS. Adz- dzaariyaat : 56)

Bagaimana cara beribadah kepadNya telah disampaikan oleh para nabi dan rosul. Inti dari ajaran itu adalah akhlakul karimah (akhlak yang baik). Manusia yg beradab adalah manusia yang berakhlakul karimah. Akhlakul karimah/adab akam memudahkan manusia menguasai ilmu. Manusia yg memahami adab dlm belajar akan mudah menguasai ilmu tersebut.

Manusia yang berilmu dan beradab akan membawa kemaslahatan bagi alam semesta, sebalikntya manusia yg berilmu namun tak beradab akan mendatangkan mudharat bagi alam semesta. Lihatlah betapa pintarnya suku add membuat bangunan2 pencakar langit beribu abad yg lalu namun krn mereka tak memiliki adab yg baik akhirnya mereka terjerumus kelembah yang hina.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pencerahannya Bunda Ruslina.. Semoga kita termasuk orang-orang yang beradab.. Barakallah

04 Dec
Balas

Aamiin..syukron respondnya bunda

04 Dec

Semoga kita termasuk golongan manusia yang beradab dan berilmu

04 Dec
Balas

Aamiin bunda...syukron dah mampir

04 Dec



search

New Post