Rusmiaty

Rusmiaty,S.Pd lahir di Desa Parahangan, 24 Juni 1966. Sekolah SD di Desa Parahangan lulus tahun 1980 SMPN- 3 Palangka Raya Lulus 1983 SPGN-1 Palangka Raya Lu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Silahturahmi ke Seruyan

Hari ini Minggu tanggal 13 Mei 2018 dengan penuh sukacita aku melangkah keluar rumah untuk pergi menuju ke bintang baru travel yang terletak di jalan Yos Soedarso Kota Palangkaraya. Dengan mengendarai sepeda motor Scoopyku yang merah aku diantar oleh suami dan putra kecil ku Alex. Tiba pukul 07.18 WIB di lokasi tempat menunggu penumpang. Tidak begitu lama menunggu datang salah satu temanku ibu Ratulangi. Beliau adalah teman semasa peserta Pelatihan Calon Pelatih tingkat dasar bagi guru PAUD di daerah 3T ( tertinggal, terdepan,terluar). Selaku peserta kami di tugas mandiri untuk memberikan pendidikan dan pelatihan untuk guru muda yg belum stats 1 PAUD. Sesuai perintah dari pusat kami melakukan Diklat dasar di kabupaten Seruyan.

Tidak lama menunggu sekitar pukul 08.00 WIB mobil bintang baru travel datang menjemput kami berdua. Di dalam mobil sudah ada ibu Ketua IGTKI PGRI provinsi Ibu Hj Marsiatin H,S.Pd,M,Mpd dan Sekretaris Umum IGTKI PGRI ibu Hj Atikah,S,Ag.MPd. Kami berempat di tambah satu orang penumpang berangkat melaju melalui jalan Cilik Riwut menuju kabupaten Katingan.

Mobil kijang Inova yang kami tumpangi melaju terus menuju ke arah kabupaten Kotawaringin Timur. Sebelum tiba di Sampit ibu kota kabupaten Kotawaringin Timur kami berhenti untuk makan siang di salah satu warung makan di daerah Pelataran namanya. Aneka menu ikan, ayam, sayuran dan ada nadi sop, soto, juga ada. Kami berempat memilih makanan panggang ikan Nila dan panggang ikan patin.

Setelah selesai makan perjalanan di lanjutkan. Selama dalam perjalanan saya sangat menikmati indahnya panorama lingkungan sekitar yang kami lalui. Hamparan perkebunan sawit, nenas, begitu luas di sepanjang jalan. Buah nenas banyak di jual di pinggir jalan. Karena terkenal dengan buah nanas di Sampit sampai nama bundaran nenas.

Perjalanan terus berlanjut kami melaju menuju ke kabupaten Saruyan. Karena sudah menjadi tradisi atau kebiasaan hidupku sehabis makan pastilah tidur. Mata pun mengantuk. Akhirnya ketiduran selama dalam perjalanan. Ketika bangun kami sudah sampai di daerah kampung Samuda masih kabupaten Kotawaringin Timur.Di Samuda banyak kebun sawit, kelapa, nanas, pisang, dan juga kebun buah naga. Sepanjang jalan buah kelapa bertumpuk di mana mana. Ada yg sudah di kupas sabutnya, ada yang sudah di kupas tempurung nya dan masih banyak masih utuh.

Samuda sudah dilewati kami tiba di desa Bakau masuk wilayah kabupaten Saruyan ibu kotanya Kuala Pembuang. Desa Bakau adalah desa pinggir laut Jawa. Yang terlihat di sepanjang jalan cuma hutan bakau dan hamparan rumput luas tanpa pohon. Tapi anehnya di hutan bakau justru banyak monyet berkeliaran di sepanjang jalan. Mereka berlari lari sepanjang jalan.

Dari kampung desa Bakau kami akhirnya sampailah ke tujuan yakni Kota Kuala Pambuang kabupaten Saruyan. Tepat pukul 25.33 WIB kami tiba di hotel Junjung Buih yang terletak di MT Haryono. Untuk hotel semua teman kami ibu Neli selaku peserta PCP Diklat Dasar Daerah 3T dari kabupaten Saruyan. Beliau sudah terlebih dahulu menyiapkan semua keperluan kami berempat. Terima kasih Bu Neli yang baik hati . Berhubung Bu Neli ikut kegiatan PPG di kecamatan Hanau maka yang mengurus kepentingan kami di wakili oleh ibu Siti guru TK dari Saruyan.

Mendengar kami sudah datang Bu Siti pun datang menemui kami. Beliau menyiapkan semua apa yang kami perlukan. Tapi kami merasa sangat berterima kasih atas pelayanan yang di berikan oleh sobat kami semua.

Sore itu kami menyempatkan diri jalan jalan ke dermaga atau pelabuhan yang tidak jauh dari tempat penginapan di sungai Saruyan. Sore yang indah angin segar dan pemandangan panorama alamnya yang asri langit membentang biru, burung walet berterbangan riang. Di kota ini banyak warga yang memiliki sarang burung walet.

Setelah puas menikmati indahnya sore di dermaga kamipun kembali ke hotel. Pada pukul 19.00 WIB di ajak makan malam di Rumah Makan.Kota Kuala Pambuang memang masih belum banyak Rumah Makan atau Restoran yang ada warung makan sederhana. Walaupun demikian menu makanan yang di sajikan tidak kalah nikmat nya.

Sebelum makan kami berkunjung ke rumah teman sesama guru TK di Kota Kuala Pembuang. Beliau maaf saya lupa namanya dimana ibu ini memiliki PAUD terpadu seperti TPA, KB, dan TK. Dia baru saja sembuh dari sakit oleh kecelakaan motor tunggal sehingga membuat tidak bisa berjalan dengan sempurna.

Malam semakin larut kami kembali ke hotel. Berhubung badan sudah capai akhirnya semua tidur dengan nyenyak malam ini.

Malam berlalu pagipun datang menjelang. Selesai sholat subuh kami berjalan ke pasar subuh. Kota ini memang kecil ke pasar kami hanya berjalan kaki saja. Di sini banyak pedagang ikan yang masih segar. Karena senangnya melihat ikan-ikan yang segar aku membeli ikan gabus satu ekor beratnya hampir satu kilogram. Aku ambil dua ekor yang beratnya kurang sedikit dari dua kilogram. Bu Ratulangi, Bu Marsiatin, Bu Atik pun ikut membeli ikan gabus juga. Mereka bertugas juga membeli udang dan terasi. Aku oleh anti dengan ikan laut cuma beli ikan kering gabus dan pepes ikan pipih.

Disini mencari angkut agak sulit, yang ada cuma becak. Untuk meringankan beban mengangkat beban belanja akhirnya kami memutuskan kami bertiga Bu Marsiatin,Bu Ratu berjalan kaki Bu Stok yang naik becak membawa barang kami ke hotel.

Sebelum kembali ke hotel kami menyempatkan diri sarapan pagi di pasar. Makanan di sini memang enak apalagi dengan pepes ikan pipih.

Pukul menunjukkan pukul 08.40 WIB kami di jemput oleh Bu Siti dengan memakai mobil dinas dari kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Saruyan. Di tengah jalan tiba-tiba hujan lebat. Untungnya kami tidak basah kehujanan. Tiba di kantor kita di sambut dengan ramah oleh Kabid dan kasi Paud Dikmas ibu Hj Sri dan ibu Novi.

Kita pun menjelaskan maksud kedatangan kami bersilaturahmi ke Dinas Pendidikan Kabupaten Saruyan adalah untuk melakukan kegiatan PCP tingkat dasar buat guru PAUD yang belum Srata 1 PAUD. Bu Kabid dan Kasi menyambut baik. Beliau justru meminta pengurus IGTKI PGRI provinsi Kalimantan Tengah agar melantik secara langsung pengurus baru IGTKI PGRI kabupaten Saruyan ibu Arikdela mengantikan ibu Doratul yang sudah alih tugas sebagai pengawas PAUD. Semua kegiatan direncanakan di laksanakan di kecamatan Hanau.

Semua urusan sudah selesai kami di ajak makan siang di warung makan. Di sini menunya juga sangat enak ikan segar semua. Makan siang bersama Bu Sri, Bu Novi, Bu Atik dan Bu Doratul.

Perut kenyang kamipun pulang. Terima kasih Bu Kabid dan Bu Kasi sudah mengantarkan kami kembali ke hotel. Di hotel sudah menunggu Bu Siti berdua dan memberikan kami oleh oleh berupa ikan asin,terasi, amplang dan keripik ikan tenggiri.

Jam menunjukkan pukul 12.00 WIB kita pun pergi kembali ke Palangkaraya naik travel yang sudah di siapkan oleh Bu Neli Cs. Terima kasih sekali lagi buat sobat ku semua di Kuala Pambuang. Terutama Bu Neli Cs yang cantik dan baik hati.

Sebelum sampai ke Sampit kami di ajak mampir ke tempat Bu Ratnasari guru TK juga dimana ibu ini punya perkebunan buah naga dan jeruk. Kita di ajak metik buah naga dan jeruk sendiri serta boleh di bawa pulang. Sungguh sangat senang dan bahagia pulang membawa oleh-oleh buah naga dan jeruk.

Akhirnya perjalanan di lanjutkan ke arah Sampit, Kasongan dan Palangkaraya. Sebelum sampai Kasongan kita makan malam di kampung Pundu.

Sungguh perjalanan silahturahmi yang sangat indah. Tiba dengan selamat di Palangkaraya pukul 19.30 WIB.....

Wasalam RUSMIATY,S.Pd.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.