Ru'yat Ismail

Saya lahir di Bandung tanggal 31 Desember 1973 dari kedua orangtua, H.Syamsudin dan Hj.Rahmah. mengawali pendidikan di sekolah dasar Linggar pada tahun 19...

Selengkapnya
Navigasi Web
NAFKAH DAN SEDEKAH APA YANG LEBIH BESAR PAHALANYA?
KERABAT

NAFKAH DAN SEDEKAH APA YANG LEBIH BESAR PAHALANYA?

Rasulullah SAW bersabda : "Sebaik-baik dinar yang dinafkahkan seseorang adalah dinar yang diinfakkkan kepada keluarga dan dinar yang diinfakkah untuk binatnag tunggannya yang dgunakan di jalan Allah, juga dinar yang diinfakkan untuk sahabt-sahabat di Jalan Allah." (HR.Muslim, 994 dari Tsauban).

Tatkala firman Allah yang berbunyi : "Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui." (QS. ALi Iman : 92).

Abu Tolhah RA. berkata; "sesungguhnya harta yang paling aku sukai adalah adalah kebun (bairaha) dan sesungguh itu akan jadikan sebagai sedekah di jalanAllah. dan aku akan simpan disisi Allah, maka simpanlah pada hal yang terbaik menurut padannganmu. Maka Rasulullah SAW, bersabda :"sungguh itu harta yang paling menguntungkan. Kemudian Rasulullah SAW memerintahkan untuk membagikannya kepada kerabat-kerbat terdekat. Maka Abu Tolhah membagikannya kepada kerabat-kerabatnya dan keluarga dari anak-anak pamannya." (HR. Bukhari 1461 dan Muslim 998 dari Anas bin Malik).

Maimunah memberiathukan kepada Rsulullah SAW bahwa dia telah membebaskan budak wanita yang dia miliki. Maka Rasulullah SAW bersabda : "Andaikan kau berika kepada bibimu, maka hal itu akan lebih besar pahalanya bagimu." ( HR. Bukhari 2592 dan Muslim 999 dari Maimunah binti Harits).

Rasulullah SAW bersabda : " jika seorang lelaki muslim menginfakkan harat pada keluarganya dan dia mengahrapkan pahala dari Allah maka uang demikian manjadi sedekah baginya." (HR.Bukhari 55 dan Muslim 1002 dari Ibnu Mas'ud dengan redaksi hadits yang serupa). .

Sedekah pada keluarga dekat merupakan penyambung tali silaturahmi. Sementara tingkatan silaturahim itu sesuai dengan orang yang disilaturahimi. Maka berbuat baik kepada kerabat paling dekat adalah sebaik-baiknya silaturahmi. kemudian pada keluarga terdekat dan terdekat. Karenanya, Rasulullah SAW memerintahkan silaturahmi pada kedua orangtua terlebih dahulu kemudian pada yang lebih dekat dan lebih dekat.

Semoga kita selalu mendahulukan kerabat terdekat dalam bersedekah, apalagi saudara dan kerabat kita yang serba kekurangan dan sangat membutuhkan dalam mempertahankan hidupnya. amin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakaih Bu, semoga bermanfaat, salam literasi

30 Aug
Balas

Alhamdulillah pencerahan yang baik . Barakallah

30 Aug
Balas

Terimakaih Bu, semoga bermanfaat, salam literasi

15 Sep



search

New Post