SADIMIN WONG BREBES

SADIMIN, adalah anak desa yang lahir di Boyolali tanggal 6 Desember 1972, dari seorang Ibu yang bernama Tukirah (alm) dan seorang Bapak yang bernama Mitro Sudar...

Selengkapnya
Navigasi Web
BUKU APA YANG LAYAK MENDAPATKAN ANGKA KREDIT?

BUKU APA YANG LAYAK MENDAPATKAN ANGKA KREDIT?

Menulis buku adalah pekerjaan yang sangat melelahkan, namun mengasikkan dan membuat penulis menjadi ketagihan. Menulis buku dapat menghasilkan koin dan poin. Menghasilkan koin berarti buku yang ditulis dan diperjualbelikan akan mendapat royalty yang luar biasa. Selain itu juga akan mendapatkan poin untuk pengajuan angka kredit guru. Lalu buku apa saja yang bisa mendapatkan poin angka kredit?

Guru dalam menjalankan tugas dan pengembangan keprofesian berkelanjutan wajib melakukan publikasi ilmiah. Jika guru tidak melakukan publikasi ilmiah, dipastikan guru tidak bisa naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi.

Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat. Bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan oleh guru diantaranya presentasi pada forum ilmiah, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan forma, dan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.

Presentasi pada forum ilmiah adalah kegiatan penyampaian gagasan ilmiah sebagai salah satu bentuk publikasi ilmiah, diantaranya menjadi narasumber pada seminar atau lokakarya ilmiah dan menjadi narasumber pada koloqium atau diskusi ilmiah.

Publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmiah bidang pendidikan formal meliputi laporan hasil penelitian, makalah berupa tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah popular, dan artikel ilmiah dalam bidang pendidikan.

Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan buku pedoman guru meliputi: (1) buku teks pelajaran, (2) buku pengayaan yang terdiri dari modul/diktat pembelajaran, buku bidang pendidikan,karya terjemahan, dan (3) buku pedoman guru.

Buku teks pelajaran adalah buku yang berisikan pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan guru dalam mengajar, baik sebagai buku utama maupun pelengkap. Buku teks pelajaran yang lolos penilaian BSNP angka kredit 6, buku teks pelajaran yang dicetak penerbit dan ber ISBN angka kreditnya 3.

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya dapat menyerap sendiri materi tersebut. Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran yang dipersiapkan untuk mempermudah atau memperkaya materi mata pelajaran yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Modul/ diktat tingkat provinsi angka kredit 1,5, tingkat kabupaten 1 dan tingkat sekolah/madrasah 0,5.

Buku dalam bidang pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Isi buku pengetahuan yang terkait dengan bidang kependidikan. Sasaran pembaca tidak hanya pada peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu, melainkan lebih luas jangkauanya. Tujuan tidak hanya membantu peserta didik dalam memahami mata pelajaran tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik pegangan utama maupun pelengkap namun dimaksudkan juga untuk memberikan informasi pengetahuan dalam bidang kependidikan. Buku dalam bidang pendidikan yang ber ISBN angka kreditnya 3 dan belum ber ISBN angka kreditnya 1,5.

Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing tau bahasa daerah ke bahasa Indonesia atau sebaliknya yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Angka kredit karya terjemahan sebesar 1.

Buku pedoman guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru terdiri dari rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik dan rencana pengembangan profesi bagi guru pembelajar. Isi rencana tersebut meliputi upaya dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaan bagi peserta didik dan pengembangan profesi bagi guru pembelajar. Angka kredit buku pedoman guru sebesar 1,5.

(Disarikan dari buku Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 4)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren banget

08 Dec
Balas

Kalau yang buku kumcerpen, novel dan sejenisnya bagaimana Pak Sadimin?

24 Dec
Balas

Dari pemaparan di atas jelas sudah tidak semua buku yg kita tulis akan m3ndapat nilsi atau angka krefit, walsu buku kita ber ISBN. Seperti saya contohnya buku yg berisi tulisan tentang kejadian kejadian di kelas yg saya alami, cerita pengalaman lainnya sebagai guru, tidak mendapat nilai. Karena tidak ada tinjsuan ilmiahnya. Seperti latar belakang, permasalahan, solusi dan lampiran lampirannya berupa tabel, grafik. Buku saya jelas, tak mungkin ada itu semua, krn tulisan saya adalah cerita keseharian. Namun yg menjadi tanda tanya besar adalah, mengapa upaya guru untuk menghasilksn sebuah karya tidak diapresiasi. Padahal guru sudah msu menulis saja itu hal yg selangkah lebih maju. Krn sedikit guru yang mau dan mampu untuk menulis. Guru menulis sebuah buku saja itu merupakan sebuah perjuangan yang menyita waktu dan pikiran. Padahal dalam menulis itu, pemikiran dan wawasan guru tertuang di sana, hanya tidak berbentuk kajian ilmiah. Saya menulis ini, karena pemberkasan saya ke 4 C tersandung di sini. Berdasarkan surat dsri kementerian. Publikasi Ilmiah saya nilsinya 10, berarti kurang 2. Saya disarankan untuk memperbaiki buku ysng saya tulis, untuk ke bentuk tinjsuan ilmiah. PTK saya kirim 3, 1 buku, 2 tulisan di 2 buku keroyokan, namun yg perlu diperbaiki buku saya saja, berarti nilai ptk saya sudah lolos. Krn tidak ada ket ptk diperbaiki. Maaf sekedar edisi curhat pak. ,

09 Dec
Balas

terima kasih bu atas informasi dan pengalamanya. sebuah kebijakan tidak selalu menguntungkan banyak pihak, kadang ada yang untung dan kadang ada yang rugi. dalam hal ini guru yang sudah bersusah payah menulis buku tidak dihargai/dinilai oleh tim penilai. pedoman penilaian disini masih terlalu kaku, sudah semestinya bisa di luweskan. supaya para guru yang sudah susah payah menulis buku bisa dihargai. semoga ibu bisa merevisi dan mendapat nilai sesuai kebutuhan.

09 Dec

09 Dec
Balas

sebetulnya untuk ke IVc ibu tidak wajib menulis buku, kecuali dari IVc ke IVd. PTK yang sudah ada bisa dijurnalkan, karena dari IVa ke IVb, IVb ke IVc dst wajib jurnal

09 Dec

Ngapunten Bapak, kalau buku digital yg ber-ISBN angka kredit nya berapa njih

23 Dec
Balas

Luar Biasa

08 Dec
Balas

Luar Biasa

08 Dec
Balas

Izin share Pak

29 Nov
Balas

Kalau buku non pendidikan misalnya novel tapi berisbn nilainya berapa ya pak...

15 Feb
Balas

Buku kumpulan puisi yg ber- ISBN nilainya untuk maju PAK berapa njih pak

03 Nov
Balas



search

New Post