Safinah Azmir

Guru Matematika MTsN 3 Kota Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hidup di Dunia Ujian

Manusia hidup di dunia untuk diuji. Ujian itu bisa berbentuk sakit, musibah seperti bencana alam, harta dan anak. Semua yang Allah berikan dan titipkan kepada manusia itu adalah ujian. Bagaimana seseorang menyikapi ujian yang datang padanya?

Bagi yang siap menerima apa yang dititipkan padanya dan siap menerima akibat yang datang padanya tanda hamba Allah yang bersyukur, ikhlas serta sabar. Seseorang yang berpegang kepada Al Qur’an dan sunnah Rasulullah,insyaallah akan sabar melewati ujian yang datang padanya.

Al qur’an dan sunnah Rasul adalah pedoman untuk menguatkan diri melewati ujian. Keikhlasan serta sabar hanya Allah berikan kepada hambaNya yang memohon kepadaNya. Allah tidak akan membebani hambanya dengan cobaan diluar kemampuan hambanya.

Doa yang insyaallah mustajab bagi hambanya yang memohon padaNya, sebagaimana janji Allah dalam surat Al Baqarah ayat 286 ;

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya:

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Allah membenci hambaNya yang berkeluh kesah. Dunia adalah ujian. Siapkan diri menyikapi ujian dengan sholat dan perbanyak zikir padanyaNya. Sesuai dengan sabda Allah SWT dalam (QS. At Thaha:14) :

"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku".

Mengingat Allah, hati akan tenang. Ihdinas sirothol mustaqim, hanya Dialah yang menunjuki jalan yang lurus. Hanya Dialah penolong yang sebaik-baiknya bagi manusia. Wallahu’alam bishawab.

#27Ramadhan1443H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

28 Apr
Balas



search

New Post