Safinah Azmir

Guru Matematika MTsN 3 Kota Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kitabullah

17 Ramdhan 610 M Quran pertama kali diturunkan di Gua Hira. Awal Al Qur’an diturunkan di Mekkah berisi tentang keimanan dan tauhid. Al Qur’an di turunkan kepada Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Allah menurunkan ayat-ayat Al qur’an secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun. Pada saat itu Nabi Muhammad berumur 40 tahun.

Al qur’an diturunkan secara berangsur-angsur tujuannya agar Rasulullah SAW memahami apa yang diperintahkan oleh Allah dengan benar. Sebagaimana dalam firman-Nya dalam Al-Qur’an Surat Al Isra ayat 106 yang artinya:

“Dan Al Qur-an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.”

Al qur’an adalah petunjuk bagi umat manusia. Pedoman dalam menjalani kehidupan di dunia. Bacalah Al qur’an dan pahami maksudnya! Al qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW yang kita yakini kebenarannya.

Al qur’an adalah kitabullah, wahyu Allah yang terakhir diturunkan. Tidak ada lagi kitab sesudahnya, Allah telah menyempurnakan Al qur’an dari kitab-kitab sebelumnya.

Firman Allah dalam surat Al maidah ayat 3:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلامَ دِيناً "....

…..Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu." (QS. Al-Maidah: 3)

Al qur’an adalah wahyu atau kalamullah yang sudah dijamin kebenarannya dan juga terhindar dari tangan-tangan manusia jahat. Al qur’an adalah sumbernya hukum yang utama. Sumber hukum yang sampai saat ini dapat dijaduikan pedoman dalam kehidupan.

Kitabullah memiliki keistimewaan bagi manusia. Apabila membacanya akan menjadi ibadah dan limpahan pahala. Wallahu’alam bishawab.

#24Ramadhan1443H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post