Safinah Azmir

Guru Matematika MTsN 3 Kota Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web

SHOLAT

Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan merugi.

Ibadah sholat merupakan ibadah yang hubungannya langsung dengan Allah SWT. Ibadah yang dilakukan tanpa perantara. Sholat merupakan ibadah yang dilakukan setiap hari sebagai pengabdian hambaNya kepada sang Pencipta.

Kenapa sholat amalan yang pertama dihisab?

Sholat merupakan rukun Islam yang kedua, tiangnya agama. Sholat diibarat tiangnya sebuah rumah. Apabila runtuh tiangnya maka robohlah rumah tersebut.

Apabila rusak sholat sesorang manusia maka rusaklah prilaku orangnya. Sholat adalah doa. Ihdinas siratal mustaqim adalah tunjukkan kami jalan yang lurus. Harapan manusia kepada Allah SWT agar ditunjukkan jalan dan hidayah yang lurus, yaitu jalan yang benar. Jalan yang diredhoi Allah.

Sholat adalah penolong bagi manusia di dunia dan di akhirat. Sebagaimana berfirman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 45 :

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Artinya: "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'," (QS. Al Baqarah: 45).

Begitu pentingnya sholat. Setiap hari dalam sholat kita berdoa kepada Allah agar dibimbing pada jalan yang lurus. Jalan orang-orang yang diberi nikmat, bukan jalan orang yang dimurkai, dan bukan jalan orang yang sesat.

Sholat 5 waktu sehari semalam merupakan sholat wajib, adalah rukun Islam kedua. Bagi yang tidak mengerjakannya maka dia tidak masuk kedalam golongan orang yang beriman. Wallahu’alam bishawab.

#7Ramadhan1443H#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post