Sahrul Anwar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mall Pelayanan Publik Banyuwangi

Mall Pelayanan Publik Banyuwangi

Gebrakan Banyuwangi dlm pelayanan publik adalah dg mengintegrasikan pelayanan terpadu satu atap. Artinya semua hal yg menyangkut dengan keadministrasian sprt KTP, akte, izin usaha, BPJS, imigrasi, sosial dan dari beberapa SKPD seluruhnya dapat diakses dan diselesaikan dlm satu tempat yg disebut Mall Pelayanan Publik (MPP).

MPP adalah wadah pelayanan warga bertujuan untuk meminimalkan waktu, tenaga dan biaya yg dikeluarkan. MPP berfungsi melaksanakan fungsi layanan yg terintegrasi dg SKPD masing-masing Dinas. Setiap SKPD membuka stand/gerai pelayanan di MPP tersebut.

Kami mencoba meneliti di tempat yg sekarang menjadi ikon Banyuwangi pada saat ini. MPP berhasil menjadi destinasi wisata para wisatawan baik dari pejabat negara ataupun dari masyarakat luar Banyuwangi.

Mall bagi Banyuwangi bukanlah mall yg berisi pakaian, kosmetik atau barang2 yg bisa dijual dan dibeli. Tapi Mall bagi Banyuwangi adalah tempat masyarakat mengurus segala urusan kemasyarakatan secara administratif yg terkoneksi satu SKPD dg SKPD yg lain.

6 Oktober 2017 adalah tanggal diresmikannya MPP di Banyuwangi. Pada saat itu hanya ada 88 layanan yg dibuka. Tahun 2019 sudah ada 199 layanan yg bisa warga nikmati.

MPP di Banyuwangi menjadi trend setter provinsi se Indonesia dalam hal pelayanan masyarakat. Study banding Pemda di berbagai provinsi kerap datang dan mendalami bagaimana layanan satu pintu ini bisa beroperasi dengan baik dan profesional. Jakarta dan Surabaya secara menyusul sudah menerapkan sistem ini di lingkungan pemerintahannya.

Saya sendiri melihat langsung betapa proses menyelesaikan keadministrasian penduduk amat efektif dan tidak memakan waktu banyak. Sebagai contoh, untuk mendapatkan izin usaha, maka di MPP ini kita tinggal mendatangi stand/gerai SKPD terkait di mall ini tanpa harus mendatangi lagi Kantor Dinas Perdagangan.

Pemaparan Kepala MPP, Pak Tri, amat membuka mata kami bahwa ternyata pemerintah Banyuwangi amat sangat mengutamakan kepuasan pelayanan masyarakat dg cara yg luar biasa kreatif, inovatif dan efektif.

Banyuwangi, 26 Juni 2019

"Dalam kegiatan PIRN (Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional) XVIII 2019 di Banyuwangi"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post