Saifi Yunianto

Pengabdi di SMPN 2 Rembang Kab. Pasuruan dan pencari Cahaya di atas cahaya-cahaya ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bermula Swafoto, Semua Melongo
Red. Bergaya ala Ghazali atau lainnya di depan Masjid Merah Pandaan, Jawa Timur. (Foto: saif)

Bermula Swafoto, Semua Melongo

Bermula Swafoto, Semua Melongo

Oleh Saifi Yunianto

Iseng. Tak sengaja. Mulai berkreasi. Konsisten. Kontinyu. Beberapa kata yang bisa diurutkan menjadi satu cerita yang dapat dimengerti. Mudah dipahami. Barangkali bisa disebut kebetulan atau keberuntungan yang sungguh dibuat. Bukan jatuh dari langit begitu saja.

Einstein suatu saat pernah penasaran bagaimana caranya bepergian dengan sinar cahaya yang mengawali proses pencariannya seumur hidup. Terus-menerus untuk menemukan dan menghasilkan karya monumentalnya dalam bidang Fisika pada abad 20. Hal itu juga dapat dipahami bahwa imajinasi adalah bekal untuk terus-menerus berproses.

Nah, apa yang menjadi trending beberapa pekan terakhir seolah mengiyakan isyarat tersebut. Betapa tidak, apresiasi tokoh seperti

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bansoes) terhadap pemuda yang tampilannya 'nggak dayani'. Jauh dari imej seorang milyader. Namun, siapa sangka? Jika mempunyai potensi tersimpan, dia mampu beradaptasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Apalagi, kutipnya kepada Tempo.co, dia dapat mendayagunakan untuk menghasilkan raihan finansial yang tidak dapat dibilang tidak banyak (20/01/2022).

Ya, keuntungan ekonomi yang diperoleh Ghazali. Awalnya, pemilik nama yang populer dilengkapi Everyday tersebut memanfaatkan Non Fungible Token (NFT) di platform OpenSea. Bermula selfie (swafoto), dia lantas mengunggah hasilnya ke laman tersebut. Gegara demand and supply berjalan, dia pun menjual foto-fotonya. Sampai berpindah-pindah tangan peminat dan kini semua dibuat melongo. Lalu, apa rahasianya?

Terlepas dari keberuntungan atau bukan, CNBC Indonesia (21/01/2022) melansir, ada tiga indikator yang dapat diuraikan sekilas kala merancang karya NFT. Pertama, keunikan atau kelangkaan. Karya tersebut setidaknya harus mempunyai unsur kelangkaan (rarity). Tidak pasaran dan tidak umum. Kedua, poin plus. Karya itu paling tidak harus memiliki kegunaan (utility). Dengan kalimat berbeda, ada nilai lebih (additional value) yang dapat diperoleh para pemegang NFT.

Terakhir, kebersamaan. Tidak ada cerita nya sapu lidi dapat membersihkan halaman luas dengan sebatang lidi. Maka, semangat kolaborasi dalam komunitas (community) menjadi prasyarat yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, karya NFT dapat berbicara banyak, jika dibangun atas minat yang sama dari banyak individu untuk memiliki nilai. Singkatnya, sukses dapat lahir dari kesamaan interest untuk meraih value.

Lah, yang baru belajar foto di Majalah Literasi Indonesia, bagaimana? Tetap terus berlatih untuk menghasilkan karya yang lebih bagus. Pesan Om Roy, panggilan akrab Redaktur Pelaksana MLI yang fasih di bidang fotografi tersebut yang disampaikan kepada peserta pelatihan (23/01/2022). Yang jelas, pilihan ada di tangan masing-masing. Mau swafoto ala Om Roy, Mas Eko atau Ghazali Everyday?

Tg1

GubuGBendo, 23-01-2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

23 Jan
Balas

Terima kasih pak dede, salam literasi

31 Jan

Keren ulasannya Pak Saifi sehat dan sukses selalu, Barokallah

23 Jan
Balas

Aamiin, terima kasih pak guru, sehat dan sukses selalu

31 Jan

Ulasan yang sangat keren dan menarik. Semoga sehat dan sukses selalu buat Bapak bersama Keluarga tercintanya

23 Jan
Balas

Aamiin, terima kasih juga pak, sehat dan sukses juga

31 Jan

Keren. Salam literasi, Pak.

23 Jan
Balas

Terima kasih pak, salam literasi

31 Jan

Salam MLI VIII. semangat berkarya.

23 Jan
Balas

Terima kasih bu, semangat dan sehat selalu

31 Jan

Keren ulasannya. Salam literasi

23 Jan
Balas

Terima kasih bu, salam literasi

31 Jan

Woow keren ulasannya. Swafoto sudah menjadi trend masa kini. Bermodal smartphone meskipun pada tempat yang sama dan berawal dari keisengan bisa meraup pendapatan yang fantastik seperti Ghazali Everyday. Pantas kita melongo dibuatnya. Hehehe. Sudah lama tidak menyapa. Sukses selalu ya, Pak.

23 Jan
Balas

Aamiin, terima kasih bu, sukses juga

31 Jan

Mantul tulisannya Pak. Fotonya juga oke bingits.

23 Jan
Balas

Terima kasih bu, sukses selalu

31 Jan

Mantap sekali Pak ulasannya. Slm literasi

23 Jan
Balas

Terima kasih bu, salam literasi

31 Jan

Ulasan yang keren, semoga selalu sehat dan sukses Pak Saifi.

23 Jan
Balas

Aamiin, terima kasih bu, sehat dan sukses juga

31 Jan

Mantap, Pak. Salam literasi. Izin follow ya Bapak ...

23 Jan
Balas

Terima kasih, siap folback bu

23 Jan



search

New Post