Saifi Yunianto

Pengabdi di SMPN 2 Rembang Kab. Pasuruan dan pencari Cahaya di atas cahaya-cahaya ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Serasa Ijab Kabul tanpa Judul
Foto: MGI

Serasa Ijab Kabul tanpa Judul

Serasa Ijab Kabul tanpa Judul

 

       Berlatih adalah salah satu cara untuk bisa menampilkan yang terbaik. Apapun kegiatannya dan bagaimanapun acaranya, persiapan menjadi bekal yang dapat dilihat dari hasil yang diraih. Tak keliru, jika dikaitkan dengan ungkapan yang kerap kali digunakan. Hasil tidak mengingkari proses. Begitu pula yang terjadi saat tampil di depan khalayak. 

      Menjadi calon mempelai, seseorang mesti mempersiapkan diri dengan segala upaya yang setidaknya mengurangi rasa groginya ketika ijab kabul. Pun, kala menjadi pembicara dalam suatu forum tertentu, tidak terlepas dari yang disebut persiapan. Wong tentara yang mau berperang saja juga melakukannya. Misalnya, berlatih berbulan-bulan untuk mengasah dan menguji ketangkasannya dalam menghadapi musuh. Bahkan, suatu saat ada teman tentara yang sempat bilang, lebih enak berperang dibanding latihan. Barangkali, lanjutnya, latihan yang dialami terasa lebih berat daripada kondisi perang. 

       Hal yang sama pun dilakukan sang calon mempelai, dia berlatih untuk mengucapkan kalimat akad nikah berkali-kali. Dengan waktu yang tidak sebentar, harapannya saat janji suci yang diucapkan tidak terpeleset dengan bahasa yang berbeda. Tidak cukup satu bahasa, terkadang, karena bahasa yang tidak sama. Loh kok malah membahas nikah? 

       Kalimat kuncinya, jika tahu jauhnya perjalanan, maka persiapkanlah. Pernyataan tersebut paling tidak menjadi benang merah yang dapat ditarik. Apalagi, dipercaya menjadi narasumber dalam satu seminar dan sejenisnya. Hal tersebut juga memerlukan persiapan yang tidak dianggap sepele. Beberapa bekal pun dilakukan untuk tampil lebih baik sesuai yang diinginkan.

       Pertama, bahan dan materi yang disampaikan. Kesepakatan dengan penyelenggara mutlak dibutuhkan. Jika tidak, bisa saja pemateri mau pergi ke pasar, panitia minta ke mall, bisa berabe kan? Kedua, durasi waktu yang diberi. Poin ini menjadi penting, ketika acaranya padat dengan rangkaian agenda. Perlu waktu yang efisien, sehingga apa yang direncanakan dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi semua, penyelenggara, penyaji dan juga audiens. 

      Kemudian, ketiga, tampilan dan aksesoris yang diperlukan. Kostum yang dikenakan bisa membantu untuk memikat perhatian para penyimak dan pemirsa. Eh bisa juga para netizen. Ciri khas yang menjadi ikon, meski tidak mutlak. Pakai kopiah jambul, topi koboi, blankon atau plontos. Tanpa rambut di kepala. Terakhir, mental yang dimiliki. Faktor yang satu ini tanpa disadari menjadi hal tak kasatmata yang dapat berpengaruh. Betapa seorang pesepakbola sekaliber Neymar saja sempat grogi saat berbicara dengan kompatriotnya, Lionel Messi. Apalagi, bagi yang tidak pernah bersua dan berbicara. Anda tentu punya gambarannya, bukan? 

       Lalu apa tipsnya? Motivator ternama, Ongky Hojanto pernah menyitir practices make perfect. Berlatih bisa menjadi solusi yang disarankan. Instruktur Mediaguru Indonesia, Nuraini pun menegaskan hal serupa. Dengan modal teknis, mempersiapkan pointer-pointer materi dan mengatur nafas yang dipadu kalimat 'ampuh' untuk motivasi diri. Bekal penunjang berarti bagi calon penyaji. Serasa ijab kabul tanpa judul. Sebab, kalau ada judul, berarti tulisan opini. Iya kan? 

 

T-1 saifi.gurusiana.id

Kanigoro, 12 Januari 2022

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab pak Saifi. Salam literasi, sukses selalu.

11 Jan
Balas

Mantap Pak perlu latihan saja biar lancar ya

11 Jan
Balas

Terima kasih bu, sehat selalu

11 Jan

Good job sir,..literation greeting

11 Jan
Balas

Thanks, good luck bu

11 Jan



search

New Post