salamudin losari

Lahir di Brebes 1970. Profesi sebagai seorang pendidik di Kabupaten Cianjur. Alumni PGSD IKIP Jakarta tahun 1993....

Selengkapnya
Navigasi Web
Koperasi Sekolah (SDN Cipendawa)

Koperasi Sekolah (SDN Cipendawa)

Belum lama ini, usaha bersama warga sekolah di SDN Cipendawa telah terbentuk. Sebut saja singkat Koperasi Sekolah namanya. Usaha yang telah dirintis beberapa tahun ke belakang, seiring dengan disatukannya dua sekolah SDN Cipendawa dan SDN Cikanyere 2.

Koperasi sekolah merupakan suatu perserikatan yang ada di sekolah dengan menjual kebutuhan atau keperluan belajar mengajar dengan harga relatif murah dan dikelola oleh semua warga sekolah tersebut.

Kegiatan koperasi sekolah bertujuan melayani kebutuhan pokok para peserta didik. Umumnya barang yang disediakan adalah alat tulis, seragam sekolah, buku pelajaran, atribut pakaian dan barang lainnya.

Tujuan koperasi sekolah, sebagai berikut:

1. Menunjang pendidikan yang dilakukan di dalam kelas dengan berbagai tindakan praktik yang berhubungan dengan kegiatan koperasi.

2. Mengenalkan kepada peserta didik mengenai koperasi dalam praktik sekaligus mengenyam hasil usaha koperasi untuk warga sekolah.

3. Memberi kesempatan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan usaha koperasi, seperti bidang pembukuan, kasir, administrasi, dan bidang lainnya.

Koperasi memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

1. Fungsi ekonomi, yaitu bagaimana memenuhi kebutuhan dengan berprinsip ekonomi.

2. Fungsi sosial yaitu akan terjadi proses tolong-menolong dan gotong royong antar sesama anggota koperasi.

Dengan koperasi sekolah, peserta didik menjadi terbentuk pola sikap dan karakter untuk selalu menggunakan koperasi dalam kehidupan ekonomi dan sosial.

Pengelolaan koperasi sekolah juga melibatkan peserta didik secara aktif yang dibimbing oleh guru. Harapannya, dapat membuat peserta didik mampu mengelola koperasi di lingkungan masyarakat ke depannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post