SALIM ALHALIM

Penulis adalah salah satu tenaga kependidikan bidang studi guidance and counseling pada salah satu sekolah disumatra barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Demo PPDB ( 94)
Demo PPDB ( 94)

Demo PPDB ( 94)

Demo PPDB ( 94)

Oleh : Salim AlHalim,SPdI

Demo orang tua terkait kebijakan PPDB pada tahun 2020 ini menyisahkan sebuah kenangan khususnya bagaimana kebijakan pemerintah harus ada inovasi terkait kebijakan PPDB yang kreatif dan inovatif. Sistem pendaftaran online ternyata menjadi kendala bagi masyarakat yang tidak memiliki akses internet karena tidak semua masyarakat memiliki akses internet.

Fenomena ini perlu dicarikan solusi agar masyarakat tidak kecewa dengan kebijakan yang diberikan kepada masyarakat, sistem zonasi bisa jadi merupakan sebuah inovasi bagi PPDB tetapi sistem zonasi memiliki kelebihan dan kelemahan karena tidak semua siswa tertarik dengan sekolah yang dekat tempat tinggal mereka.

Disatu sisi sistem zonasi mampu membuat sekolah semakin hidup dan berkembang, tetapi kebijakan sistem zonasi apakah bisa diterima oleh masyarakat yang notabenenya memiliki persepsi berbeda beda sehingga sebagai masyarakat harus cerdas dan bijak memilih sekolah untuk anak sehingga anak mampu berkembang dengan baik.

Demo PPDB yang terjadi didaerah DKI Jakarta sebagai wujud protes masyarakat terkait kebijakan pemerintah dari level kota atau kabupaten, provinsi. wujud aspirasi masyarakat yang memprotes terkait PPDB yang mempertimbangkan batasan usia sebagai kreteria kelulusan dan syarat siswa baru dapat diterima disekolah yang mereka kehendaki.

Kecemasan masyarakat ini adalah hal yang wajar terjadi ditengah kepanikan covid 19 ditambah dengan susahnya mengakses situs daftar online, terkadang jaringan menjadi masalah atau sistem yang ada diweb sedang maintenence atau perbaikan.

Tetapi masyarakat berusaha bagaimana bijak memilih sekolah dengan baik agar tidak salah dalam mengambil keputusan baik memasukan anak kesekolah dan memilih jenjang yang harus dipilih.

Permasalahan yang muncul adalah sebuah fenomena yang harus dicarikan solusi yang bijak tentang bagaimana regulasi PPDB yang inovatif agar masyarakat mampu mengakses situs dengan baik, kedua masyarakat terus membagun ekositem yang baik dengan pihak-pihak yang kompeten agar mampu memasukan anak didik masuk kesekolah yang diinginkan.

#Salam Literasi

#Bukittinggi 23 Juni 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

PPDB online yang butuh perjuangan luar biasa ya pak salim

05 Jul
Balas



search

New Post