Salma Nur Azizah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMANAN ASET PERUSAHAAN

PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMANAN ASET PERUSAHAAN

PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMANAN ASET PERUSAHAAN

Salma Nur Azizah

Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi

Universitas Islam Agung Semarang

Dosen Pengampu : Sri Dewi Wahyundaru

Email : [email protected]

Assalamualaikum Wr.Wb

Pengendalian intern dalam perusahaan sangat penting sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi diri dan mengambil tindakan yang perlu untuk memperbaiki sistem pengendalian intern yang ada saat ini Serta dapat digunakan sebagai bahan kajian ataupun study komparatif dalam mengevaluasi sistem pengendalian intern perusahaan pada umumnya. Pada era informasi dan globalisasi menyebabkan lingkungan bisnis mengalami perubahan yang sangat pesat dengan tingkat persaingan ketat. Oleh karena itu perusahaan- perusahaan dituntut untuk melakukan kegiatan operasionalnya secara efektif dan efisienuntuk mempertahankan eksistensinya sehingga pengetahuan merupakan kekuatan yang sangat penting untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusan Informasi yang berkualitas yaitu informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu sehingga keputusan bisnis yang tepat dapat dibuat yang disesuaikan dengan sistem informasi yang diterapkan di masing - masing perusahaan.

Masyarakat telah semakin tergantung pada sistem informasi akuntansi Sejalan dengan peningkatan kompleksitas sistem dan ketergantungan pada sistem tersebut, perusahaan menghadapi peningkatan resiko atas sistem mereka yang sedang dinegoisasikan tersebut. Empat jenis ancaman perusahaan yaitu; (1)kehancuran karena bencana alam dan politik, (2) kesalahan pada software dan tidak berfungsinya peralatan, (3) tindakan tidak sengaja, dan (4) tindakan sengaja (kejahatan komputer). Ancaman dari tindakan disengaja, yang biasanya disebut sebagai kejahatan komputer, berbentuk sabotase, yang tujuannya adalah menghancurkan sistem atau beberapa komponennya.

Sistem harus memiliki organisasi keterkaitan , dan tujuan utama . Setiap bagian dari sitem disebut subsistem . Sistem informasi adalah suatu sistem yang dibuat manusia terdiri dari komponen integrasi , dapat berbasis computer maupun manual , untuk mengumpulkan , menyimpan maupun mengolal data dan dapat memberikan informasi ke pemgguna . Sistem informasi akuntansi menurut Mulyadi adalah Catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna mempermudah pengelolaan perusahan

Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi non keuangan yang secara langsung mempengaruhi pemrosesan transaksi keuangan . Komponen yang saling berhubungan dan membentuk SIA perusahaan :

Manusia = Sebagai pelaku yang menjalankan sistem

Transaksi = Sebagai objek dari sistem informasi akuntansi yang meru pakan masukan , lalu di proses sehingga menghasilkan I nformasi

Prosedur = Sebagai Langkah yang harus di tempuh dalam melakukan transaksi atau kegiatan perusahaan

Dokumen = Berupa formulir yang digunakan sebagai sarana pencatata n pada saat transaksi

Peralatan = Sebagai suatu alat atau sarana yang digunakan dalam mel akukan pencatatan pada sistem informasi yang bersangkutan

Diawali dari masuknya data , lalu pemrosesan data yang sesuai prosedur hingga hasil dari proses tersebut yang berupa informasi akuntansi . Diuraikan dari komponen – komponen diatas bahwa SIA sangat penting untuk suatu perusahaan . Informasi akuntansi yang dihasilkan dari SIA dapat dipertanggung jawabkan untuk kelak digunakan dalam mengambil keputusan mengenai keputusan mengenai keuangan perusahaan maupun digunakan oleh pihak di luar perusahaan seperti pemasok , investor , dank lien yang berhubungan langsung dengan kegiatan bisnis perusahaan .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post