Salvia Novita,S.Pd

Lahir Suliki, 25 November 1977. Menjadi guru Matematika di MTsN 5 Pesisir Selatan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menularkan Virus Menulis kepada Buah Hati Selama Menjalani Masa Stay At Home

Menularkan Virus Menulis kepada Buah Hati Selama Menjalani Masa Stay At Home

Kehadiran Virus Covid-19 di Indonesia telah merubah tatanan kehidupan masyarakat. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, seperti larangan berkumpul, stay at home, social distancing, pysichal distancing, PSBB dan larangan mudik. Semua masyarakat diminta untuk patuh akan aturan pemerintah tersebut.

Demi menyikapi hal itu, dunia pendidikan juga ikut mengalami perubahan. Pemerintah melarang siswa untuk datang ke sekolah dan tetap melaksanakan kegiatan belajar selama di rumah. Pembelajaran itu tetap dipandu oleh guru masing-masing secara jarak jauh melalui pembelajaran daring dan pembelajaran online. Jika memungkinkan guru juga dapat melakukan kunjungan rumah, terutama untuk siswa yang tidak mempunyai akses internet. Guru tetap dituntut untuk tetap melaksanakan tugas-tugas mengajar meskipun tidak melakukan tatap muka dengan siswa. Siswa pun harus patuh dengan aturan tersebut. Selain itu tugas-tugas administrasi tetap harus dijalankan oleh guru selama berada di rumah. Artinya guru tidak menyikapinya sebagaimana menikmati libur panjang. Tetapi guru tetap bekerja dan tetap berkarya.

Seiring dengan himbauan pemerintah selama menjalani masa stay at home tersebut, penulis pun tak tinggal diam. Tetap menjalankan tugas-tugas sekolah selama di rumah dan juga tetap membimbing dan mendampingi anak-anak belajar selama berada di rumah. Disela-sela kegiatan sekolah, penulis tetap menyelesaikan naskah buku. Alhamdulillah, pada tanggal 11 April 2020 penulis mendapat kiriman cover buku tersebut dari tim editor. Sekarang naskah tersebut sedang dalam tahap proofeading.

Semua kegiatan selama di rumah, tak lepas dari pantauan kedua buah hati penulis. Ketika penulis menyelesaikan naskah tersebut, mereka ikut memperhatikan dan ikut membaca naskah. Jadilah si Sulungku tertular virus menulis. Berbagai pertanyaan muncul darinya, penulispun berusaha untuk bisa menjawab setiap pertanyaan tersebut. Melihat ada bakat dan keinginan yang kuat untuk menulis, maka penulis langsung mempersilakannya untuk menulis sesuai dengan ide yang sedang muncul dalam pikirannya.

Satu pertanyaanmuncul dari putra sulungku, bahwa ia menanyakan apakah tulisan yang ditulisnya juga bisa menjadi sebuah buku seperti tulisan Ibunya. Penulis jawab walau dengan keraguan: “ Kamu tulis saja dulu, urusan cetak buku belakangan, yang penting tulisan siap dulu sebanyak minimal 50 halaman”. Ia pun mengangguk, untuk kemudian dengan semangat terus menulis. Minimal tulisannya siap dua halaman per hari, seperti yang penulis sarankan.

Hari ini penulis mendapat informasi bahwa Mediaguru akan melaksanakan kelas menulis Satu Siswa Satu Buku (Sasisabu). Kelas menulis online dengan menggunakan Aplikasi Zoom. Dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Pepatah tersebut seakan dapat menjawab apa yang penulis ragukan. Inilah jalan bagi putra sulungku untuk bisa menerbitkan bukunya, yaitu harus mengikuti kelas sasisabu terlebih dahulu. Setelah didiskusikan, akhirnya putraku mau mengikuti kelas Sasisabu yang diselenggarakan oleh Tim Mediaguru. Awalnya ia ragu untuk bisa mengikuti kelas menulis tersebut, karena terkadang sinyal di daerah kami sedikit mengalami gangguan. Hal ini terjadi sewaktu penulis mengikuti kegiatan Webinar MG II, 15 menit acara Webinar MG II akan berakhir, jaringan internet mengalami gangguan. Semuanya itu tak luput dari perhatian kedua buah hati penulis, sehingga timbullah keraguannya untuk mengikuti kelas menulis Sasisabu tersebut. Namun berkat arahan penulis akhirnya ia mau mengikuti Kelas Sasisabu Online tersebut.

Tetaplah berkarya Putraku, semoga masa-masa “di rumah saja” ini kamu bisa menghasilkan sebuah karya. Lewat tulisan kita bisa menebarkan kebaikan kepada orang lain. Mudahan-mudahan karya yang kita hasilkan dapat menginspirasi banyak orang. Terimakasih kepada Tim Mediaguru yang telah mewadahi kegiatan-kegiatan bermanfaat bagi penulis berserta anak-anak untuk menghasilkan sebuah karya. Pesisir Selatan, 05/05/2020

Nama : Salvia Novita,S.Pd

Tempat, tanggal lahir : Suliki, 25 November 1977

Jabatan : Guru Matematika MTsN 5 Pesisir Selatan

Alamat email: [email protected]

Nomor WA : 0823 9093 6423

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Bu Weni....salam literasi

05 May
Balas

Mantap pi

05 May
Balas

Terima kasih uni...

05 May

Terima kasih uni...

05 May

Terima kasih uni...

05 May

Mantap Bu Salvia. Salam Literasi

05 May
Balas



search

New Post