Salvia Novita,S.Pd

Lahir Suliki, 25 November 1977. Menjadi guru Matematika di MTsN 5 Pesisir Selatan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penemu Pentigraf Membagi Ilmu di Webinar V Media Guru

Penemu Pentigraf Membagi Ilmu di Webinar V Media Guru

Webinar V Media Guru kembali digelar pada tanggal 20 Juni 2020 pada pukul 08.00 -10.00 WIB. Webinar V Media Guru ini diadakan dengan menggunakan aplikasi zoom dan live streaming lewat youtube dengan tema Meneroka Dapur Pentigraf. Webinar ini dikuti oleh guru-guru se-Indonesi dengan peserta berjumlah 300-an. Narasumber dalam acara ini adalah Prof. Tengsoe Thahjono Dosen Universitas Negeri Surabaya sebagai penemu pentigraf, Eko Prasetyo sebagai Pemred Media Guru, dan Fadibah Setiawan sebagai host.

Mengawali Acara Webinar V, Bapak Mohammad Ihsan selaku CEO (Chief Executive Officer) Media Guru memaparkan kegiatan yang dilakukan Media Guru terkait dengan kegiatan Webinar V. Beliau mengatakan bahwa penulis di blog gurusiana telah banyak menulis penulis pentigraf. Webinar V Media Guru diadakan dengan tujuan agar penulis lebih mendalami ilmu tentang pentigraf.

Pembicara kedua yaitu Bapak Prof. Tengsoe Thahjono sebagai penemu pentigraf memaparkan ilmu tentang pentigraf. Dalam waktu yang sangat singkat tersebut dosen kelahiran Jember pada tanggal 3 Oktober 1958 ini memaparkan pentigraf. Pentigraf merupakan singkatan dari Cerpen Tiga Paragraf. Ada beberapa formula dalam sebuah pentigraf, diantaranya adalah:

1. Fokus pada persoalan yang dihadapi

2. Elemen narasi berupa tokoh, alur dan latar dihadirkan bersama-sama dalam satu jalinan yang utuh.

3. Kurangi dialog, ubah dialog dalam bentuk narasi atau deskripsi.

4. Usahakan ada kegiatan pada hal-hal yang tak terduga.

5. Maksimal 210 kata.

Beliau juga mengatakan bahwa dalam setiap paragraf pentigraf hanya boleh ada satu kalimat langsung, selain itu penulis dapat menuliskan cerita dalam bentuk narasi.

Pembiacara ketiga adalah Pak Eko Prasetyo yang sering disapa Mas Eko sebagai Pemred Media Guru. Beliau memberikan ilmu tentang Karmina atau pantun kilat. Karmina ini terdiri dari dua baris dalam setiap bait, baris pertama adalah sampiran dan baris kedua adalah isi. Salah satu contoh karmina yang diberikan Mas Eko adalah:

Mawar mekar indah berseri

Badan kekar tetapi takut istri

Selain karmina Mas Eko juga menjelaskan tentang Haiku (puisi Jepang), Putiba (puisi tiga bait), dan Pentigraf dua sisi.

Antusias peserta dalam mengikuti acara ini memang luar biasa. Berbagai pertanyaan diajukan oleh peserta baik dengan Raise Hand, maupun melalui kolom chat. Semoga ilmu yang didapatkan oleh peserta bisa digunakan untuk menghasilkan pentigraf yang luar biasa. Amin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Ibu . Sukses selalu Ibu

25 Jun
Balas

mantap bu

27 Jun
Balas

Keren... reportsenya. Salah himatika.

06 Jul
Balas

Alhamdulillah dapat ilmu dari ahlinya

01 Jul
Balas

SUPER KEREN BUN.SALAM SUKSES

13 Nov
Balas

Sudah saya follow, alhamdulillah. .heran saya rasanya pernah saya follow ya bu..sukses selalu..aamiin

28 Jun
Balas

Salam kenal bunda, lanjutkan

11 Jul
Balas

Mantap reportasenya Uni

09 Nov
Balas

Keren reportasenya bunda, sukses selalu

22 Sep
Balas

Lengkap reportasenya bund, sukses selalu ya Bunda Salvia novita

11 Nov
Balas

Mantap reportasenya Bu Ovi. Salam sukses selalu

25 Nov
Balas

salal literasi

28 Jun
Balas

Manta ulasannya bu. Barakallahu

24 Jun
Balas

Terimakasih, Pak sudak mampir....slam literasi

24 Jun



search

New Post