Salvia Novita,S.Pd

Lahir Suliki, 25 November 1977. Menjadi guru Matematika di MTsN 5 Pesisir Selatan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Puasa Melatih Mengendalikan Nafsu

Suhu dingin mengiringi perjalanan waktu kami sekeluarga hari ini. Gerimis dan hujan saling bergantian hingga sore menjelang. Sesekali badai datang meliuk-liukkan pepohonan yang ada di samping rumah. Dari pagi hingga siang kami habiskan lebih banyak bermanja-manja di depan televisi. Mengganti satu chanel ke chanel lain, dari sinetron ke berita kembali lagi ke sinetron.

Disela-sela kegiatan menonton, anak-anakku tetap menanyakan menu untuk hari ini. Akupun balik bertanya kepada mereka. Mereka ternyata punya banyak keinginan. Dengan tetap tenang ku coba mendengarkan rengekkan mereka tentang keinginan menu untuk dimasak hari ini. Namanya juga anak-anak, banyak yang terbayang dibenak pikirannya. Namun untuk mengobati hati mereka maka kuanggukkan apa yang menjadi permintaan mereka.

Saat kita menjalani ibadah puasa di siang hari, memang banyak menu yang terasa enak nantinya untuk berbuka. Tetapi, setelah waktu berbuka tiba dan meminum segelas air maka selera untuk memakan berbagai menu yang teringat di siang hari tadi jadi hilang. Jadi keinginan yang teringat di siang hari tadi hanya merupakan nafsu belaka.

Selama berpuasa kita dituntut untuk dapat mengendalikan nafsu, dan jangan diperbudak oleh hawa nafsu. Jika kita berhasil mengendalikan hawa nafsu berarti kita dapat dengan mudah meninggalkan semua larangan Allah dan dengan ringannya kita dapat mengerjakan semua perintah-Nya. (01/05/2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post