Salvia Novita,S.Pd

Lahir Suliki, 25 November 1977. Menjadi guru Matematika di MTsN 5 Pesisir Selatan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar Sumatera 2 sangat Menginspirasi

Webinar Sumatera 2 sangat Menginspirasi

Mediaguru memang patut diacungkan jempol. Kenapa tidak? Selama masa pandemi ini telah mengangkat acara Seminar Online (Webinar) 5 kali. Setiap kali webinar diselenggarakan selalu diserbu oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Namun untuk dua webinar yang terakhir ini, lebih dikhususkan untuk peserta yang berasal dari daerah Sumatera, maka dinamakanlah dengan Webinar Sumatera I dan Webinar Sumatera II. Webinar Sumatera I yang diadakaan pada tanggal 8 Mei 2020 yang lalu, dan Webinar Sumatera II ini diadakan pada tanggal 19 Mei 2020.

Pada pembukaan acara Bapak Mohammad Ihsan selaku pimpinan Mediaguru memperkenalkan pembicara dalam acara Webinar Sumatera II ini. Bpk M. Azwara Eka Putra dari Indosat,  Bpk Riswandi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan  sebagai Keynote Speaker dan 4 nara sumber yaitu: Dra. Eliyarni guru SMPN 2 Koto Besar Kab. Dhamasraya, Ibu Mahniar Sinaga, S.Si, S.Pd, guru SD Plus Darul Ilmi Deli Serdang, Bpk Mualdin Sinurat, M.Pd, Wakakur SMP Swasta Putri Cahaya Medan dan Ibu Endah Wijayanti, S.S, MM, guru SMAN 77 Jakarta.

Acara Webinar Sumatera II disponsori oleh Indosat, untuk itu kesempatan pembicara pertama diberikan oleh Pak Ihsan kepada Bpk M.Azwara Eka Putra. Beliau menjelaskan ilmu yang bermanfaat dapaat digunakan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Beliau juga mendoakan semiga acara Webinar Sumatera II  berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir.

Pembicara kedua adalah Bpk. Riswandi. Beliau memaparkan panjang lebar tentang bagaimana guru-guru menfaaatkan waktu selama masa pandemi Covid-19. Telah terjadi transformasi pendidikan selama masa pandemi ini, tak terkecuaali dalam dunia pendidikan. Belajar yang awalnya di sekolah sudah beralih dirumah masing-masing secara jarak jauh baik bagi siswa maupun bagi guru. Untuk itu kata beliau guru-guru harus menguasai teknologi. Beliau juga mengatakan transformasi pendidikan ini tentunya menemui berbagai tantangan. Namun tantangan-tantangan itu perlu disikapi secara bersama sehingga menuai hasil yang memuaskan.

Tampail sebagai nara sumber pertama yaitu Ibu Mahniar Sinaga, selaku guru SD tetapi bisa menginspirasi siswa-siswanya untuk mau dan bisa menulis dan menghasilkan karya. Antusian dari siswa-siswa beliau yang sangat tinggi sehingga menambah semangat beliau untuk membuat buku antologi berupa karya tulisan dari siswa-siswa beliau.

Nara sumber kedua Bpk. Mualdin Sinurat membagi pengalaman tentang Praktik Baik dalam “Anjungan Kearifan Lokal”.

Dilanjutkan dengan nara sumber ketiga Ibu Eliyarni yang menggiatkan literasi di tengah masa pandemi Covid-19. Beliau mengajak siswa-siswa SMP di tempat mengajarnya untuk mau menulis dan teah melahirkan buku antologi karya tulisan siswa. Tetapi terlebih dahulu beliau menyumbangkan buku hasil karyanya sendiri di perpustakaan sekolah. Banyak siswa yang membaca hasil karya beliau, sehingga siswanyapun terinspirasi untuk mau menulis. Untuk penerbitan buku tersebut beliau juga menggalang dana dengan para alumni SMP Koto Besar Kab. Damasraya yang telah banyak menuai kesuksesan.

Narasumber terakhir yang tak kalah hebatnya Ibu Endah Wijayanti sebagai guru Bahasa Jepang di SMA 77 Jakarta. Beliau telah banyak memotivasi siswa-siswanya untuk mendapatkan bea siswa belajar di Jepang. Berbagai tugas-tugas siswa telah berhasil dibukukannya. Beliau selalu mengatakan kepada siswanya untuk mau menulis karena dengan menulis kita bisa pergi kemana saja. Karena itu merupakan pengalamannya sendiri, dengan buku karyanya beliau telah diundang ke Jepang.

Penulis sangat yakin bahwa seluruh peserta merasa sangat puas dengan apa yang dijelaskan oleh seluruh narasumber. Sungguh narasumber sangat menginspirasi seluruh peserta Webinar Sumatera 2. Ucapan terimakasih kepada Pak Mohammad Ihsan beserta Tim MGI yang telah mengangkat acara ini dengan sukses.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post