Samaun

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

One man One Tree

Menumbuhkan rasa peduli dan cinta akan alam sekitar kepada peserta didik itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, perlu proses dan berkesinambungan.

langkah awal adalah memperbaiki sistem menejemen pengelolaan baik bagi pendidik , tenaga kependidikan maupun masyarakat sekitar dan penguatan karakter bagi peserta didik, kegiatan pembiasaan yang dilakukan di satuan pendidikan banyak cara dan tehnik, tapi yang penulis lakukan antara lain adalah dengan memotivasi peserta didik,memberikan arahan dan contoh sehingga peserta didik kenal dengan lingkungan sekitar paham apa yang akan dipraktekkan.

peduli, cinta dan mencegah kerusakan lingkungan merupakan bagian dari iman, maka dengan demikian penulis mengajak semua warga sekolah untuk berbenah dan tanggap terhadap situasi lingkungan yang semakin hari semakin menunjukkan ketidak nyamanan,kotor, sampah berserak dimana-mana, halaman gersang dan tidak tindangnya tanaman disekitar..

aksi best practik ini penulis buat adalah dengan cara memberikan kepercayaan kepada peserta didik untuk menanam dan merawat tanaman, sehingga yang mereka rawat dan pelihara menjadi bertumbuh dan bermanfaat untuk alam sekitar terutama lingkungan sekolah...istilah ini penulis sebut dengan one man one tree.( atau dalam istilah lain satu anak satu pohon ) , aksi ini penulis lakukan sejak tahun 2014 hingga 2017, atas kerjasama semua pihak yang mendukung saat ini tercipta lingkungan yang asri, teduh dan indah...hingga akhirnya pada desember 2017 sekolah dimana penulis bertugas mendapat penghargaan dari BADAN LINGKUNGAN HUDUP NASIONAL sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan, tahapan penilaian sekolah berwawasn lingkungan dimulai dari tingkat Kabupaten dan Provinsi.

harapan penulis semoga tulisan ini menjadi motivasi bagi rekan-rekan pendidik untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan dan peserta didiknya peduli terhadap alam sekitar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hampir sama di sekolah kami, istilah yang kami pakai "sanak sapot" satu anak merawat satu tanaman dalam pot . Smg sukses, pak.

22 Sep
Balas

sama-sama buk semoga sukses slalu

22 Sep

Tetap semangat pak... Semoga bisa meniru lankah bapak..

22 Sep
Balas

ya..trima kasih buk Lusiana...

22 Sep



search

New Post