Samiun Alim, S.Pd., M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kecil Sekolahnya Besar Aurannya

Kecil Sekolahnya Besar Aurannya

KECIL SEKOLAHNYA BESAR AURANYA

A. Mukadimah

Sekilas orang melihat, UPT SMP Negeri 9 Medan, tidak ada bedanya dengan SMP lainya yang sederajat, berjalan mengalir seperti biasa tanpa ada yang istimewa didalamnya, gedungnya sederhana menurut ukuran sekarang, lahanya sempit, proses belajar mengajar standart. Itulah yang terlintas dalam pikiran orang – orang yang kebetulan melintas di jalan Letnan Jendral Tahi Bonar Simatupang No 118 Medan Sunggal yang merupakan tempat kami mengabdikan diri, mencurahkan segala perhatian, untuk mencerdaskan anak bangsa yang menjadi harapan orang tua dan dirindukan negeri ini untuk mneruskan perjuangan menuju masyarakat Indonesia sejatra.

Terbayang anda ngak gaes, kalua sebenarnya UPT SMP negeri 9 menghasilkan Mutiara yang tak ternilai harganya dan melahirkan orang – orang hebat kelak menjadi orang nomor satu memimpin kota Medan dalam dunia Pendidikan. Tetapi sebentar dulu gaes ceritanya, ojo kesusu, kita coba telisik lebih dalam keberadaan sekolah itu, semoga dapat imformasi yang lebih luas dan mendetail.

Maka gaes, jangan pindah kelembar lainya, bahkan kebuku lainya sebelum membaca sampai tuntas, nanti bisa gagal faham, kan repot. Tulisan ini akan mengupas tuntas apa yang gaes butuhkan, dimulai sejarah panjang bedirinya sekolah ini , fasilitas, aktivitas, hingga prestasi yang telah diraihnya.

B. Histories

Usia boleh senja, tetapi goresan prestasi tidak pernah sirna, inilah salah satu wajah sekolah yang didirikan dengan perjuangan tidak pernah menyerah apalagi pasrah, penuh onak dan duri.Inilah sepenggal kisah UPT SMP 9 Medan dalam sejarah yang dinukilkan langsung oleh naras umber pelaku utama ibu Aminah ,istri dari pak Ali Diman sebagai orang kepercayaan Datuk Sunggal. awalnya mereka berembuk untuk mendirikan sekolah di sunggal. Lalu pak camat Sembiring Pandia meminta pak Ali Diman untuk menghubungi Datuk Sunggal .pak Diman kebetulan mmpunyai hubungan dekat dgn datuk sunggal.Lalu datuk Sunggal menghibahkan sebidang Tanah untuk didirikan sekolah. Pada Tahun 1960 berdirilah sekolah di sunggal dengan nama smp Persiapan yang hanya memiliki murid 17 orang di pimpin oleh Jusinek Ginting sebagai kepala sekolah pertama. Dan lulusan pertama thn 1963.Siswa pertama yg masih bisa dihubungi adalah Suparno.pak Ali Diman kemudian di hunjuk menjadi penjaga sekolah di SMP Persiapan. kemudian setelah beberapa tahun nama sekolah menjadi SMP Negeri Sunggal pada tahun 1990 berubah nama menjadi SMP Negeri 9 Medan.

Gr. Tempo duloe kepsek pertama SMP Sunggal Jusinek Ginting

C. Fasility

Terlihat dari luar, sekolah ini memang kecil, sederhana, tenang tidak riuh redam, ditaburi spanduk – spanduk motivasi sepanjang pagar depan, tetapi begitu kita memasuki gerbang sekolah, berdiri teggab dengan penuh kewibawaanya, namun taburan senyum dan keramahanya mempersilakan semua tamu yang datang untuk mengisi buku tamu sebagai bukti kunjunganya yang siap bertugas 24 jam secara ship, begitu kaki terus melangkah kedalam teburan warna warni terlihat mempesona dimulai dari lapangan basket, dan taburan Bunga di sana - sini di padu dengan taman kecil, namun asri gemirjik air kolam dihiasi ikan warna warni menambah kenikmatan mata memandang

Lalu apakah gaes mau berhenti begitu saja mengitari keindahan sekolah yang mungil ini, tentu tidakan, kita coba masuk keruang kepala sekolah, waduh ini kepala sekolahnya laki-laki apa perempuan sih, kok rapi amat, dinding – dinding di hiasi karya peserta didik dan segudang prestasi terpampang berjajaran dari tingkat local, nasional sampai internasional. Berjalan terus ke ruang guru, waduh warna biru mendominasi, seakan – akan sebiru itu darah para guru untuk berjuang tanpa pamrih mencerdaskan generasi muda harapan bangsa, fasilitas utama sekolah tidak kalah hebatnya seperti Perpustakaan yang mengoleksi lebih dari 1000 judul buku fiksi dan non fiksi yang Sebagian didalamnya adalah karya peserta didik, guru dan kepala sekolah, yang tak kalah hebatnya gaes tau ngak kalau laboratorium IPA dilengkapi dengan alat – alat yang canggih sedangkan laboratorium computer lengkapi dengan wifi anlimitit yang dapat diakses 24 jam dengan kapasitas 60 MBPS, tak cukup sampai disitus saja untuk memudahkan akses public UPT SMP Negeri 9 Medan dilengkapi dengan Website dan rumah belajar digital.

D. Activity

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2020/2021, Segala persiapan dilakukan di SMP Negeri 9 Medan. Dimulai dari persiapan sarana dan prasarana yang mendukung himbauan pemerintah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, sekolah menambah wastafel di setiap tempat yang dibutuhkan dan menyediakan sabun pencuci tangan dan hand sanitizer.Sekolah juga melakukan penyemprotan setiap ruang kelas dan sudut sekolah untuk mencegah penyebaran covid 19. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, sesuai himbauan pemerintah dan kadis pendidikan kota Medan maka pembejaran akan dilaksanakan dengan PJJ sistim daring dan BDR. Maka pihak sekolah juga mempersiapkan para guru untuk melaksanakan kegitan PJJ tersebut dengan memfasilitasi para guru untuk melakukan pelatihan penggunaan aplikasi selama PJJ. Sehingga semua guru sudah membekali dirinya dengan menguasai aplikasi yang akan digunakan guru untuk memberikan materi dan bahan ajar selama PJJ. Berbagai aplikasi yang digunakan di SMPN 9 Medan diantaranya adalah GOOGLE CLASS ROOM, ZOOM MEETING, WhatsApp, GOOGLEMEET DLL, Disamping itu guru diharuskan membuat video pembelajaran yang dibuat sendiri dengan menggunakan aplikasi yang dipilih sendiri oleh guru tersebut.Selain pembelajaran secara daring, juga melaksanakan pembelajaran secara luring, hal ini disebabkan karena ada siswa yang tidak mempunyai hp. Maka guru juga mempersiapkan modul yang juga dibuat sendiri oleh guru, ortu siswa akan mengambil modul ke sekolah setiap hari sabtu dan mengembalikan lembar jawabanya hari sabtu berikutnya. Dengan persiapan yang sudah dilakukan, Mudah2 an PJJ selama pandemi berjalan lancar, meskipun ada masalah yang muncul selama proses pembelajran terutama dari siswa yang minat belajarnya kurang karena berbagai factor, tapi semua masalah selalu di usahakan mencari solusi dan jalan keluarnya dengan berbagai cara tentu saja harus ada kerjasama guru dan orang tua. Tapi dibalik kelebihan dan kekuranganya Pembelajaran Jarak Jauh memberikan pengalaman yang luar biasa bagi guru dan siswa tanpa disadari para guru memahami penggunaan IT dengan baik, dengan kata lain corona membawah berkah. Mudah2 an pandemi cepat berlalu sehingga pembekajaran bisa dilaksanakn secara tatap muka, dan bisa berjumpa kembali dengan anak didik kami.

E. Cooperation

Sekolah itu akan berkembang dan maju kalua coba menyelesaikan dirinya sendiri, oleh karena itu perlu Kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang dapat memberikan kontribusi bagi sekolah antara lain:

a. Kerjama local dilakukan terhdapa Puskesmas, Kapolsek, Danramil, Kepling BUMD, BUMN,Lurah serta Alumni

b. Kerjama kota dilakukkan terhadap Dinas Pendidikan, dinas perpustakaan daerah, Dinas UKM, Bank, Pemko Medan dll.

c. Kerjasama nasional dilakukan terhadap LPMP, P4TK, P3GT

d. Kerjasama International, Dinas Pendidikan Malaisya dan Sekolah Kebangsaan Perak

F. Result and achievements

Kesuksesan bukan karena sekolah yang megah, Gedung bertingkat, fasilitas serba lengkap dan uang sekolah selangit, yang diperlukan adalah rasa tanggungjawab dan rasa memiliki, dengan konsep ini munculah kinerja yang bersumber dari hati bukan mengadalkan otak yang selalu berpikir rasional, jika kita bekerja dari hati maka kenikmatan dan keberkahan akan diraih seperti apa yang telah diraih UPT SMP Negeri 9 Medan anatara lain;

1. Tiga kepala Dinas Pendidikan Kab/kota berasal dari sini yaitu :

a. Drs. Maruhum Sitompul

b. Drs. H. Hasan Basri MM

c. Adlan S.Pd.MM

2. Alumni yang menguasai perusahaan pengangkutan air Bapak Zulkarnaian Angkatan 1985.

3. Guru berprestasi, Instruktur nasional, pemenangan olimpiade tingkat sumatera bagian utara

4. Prestasi peserta didik tingkat nasional atas nama M.Rizky Cabang Renang, Dian Angga Karate

5. Prestasi sekolah antara lain :

a. Jenjang Akriditasi 2018 menjadi Unggul (A)

b. Satu-satunya sekolah di Medan Medapat anugrah Sekolah Bakat Prestasi 2019

c. Tahun 2019 menjadi sekolah model

d. 2019 salah satu sekolah kinerja di kota Medan

e. 2020 Kepala sekolah inovatif tingkat nasional 10 besar

Demikian sekilas balik perjalanan UPT SMP Negeri 9 selama 3 tahun terakhir ini, moga gaes tahun 2020 ini memberi warna tersendiri untuk menjadi sekolah yang dirindukan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

nama saya cipta syahrial sianipar.saya salah satu alumni smp negeri sunggal angkatan 1988.waktu itu kepseknya pak abdul kholik.saya sangat rindu dgn sekolah ini dan para mantan guru dan alumnimya

25 Jan
Balas

nama saya cipta syahrial sianipar.saya salah satu alumni smp negeri sunggal angkatan 1988.waktu itu kepseknya pak abdul kholik.saya sangat rindu dgn sekolah ini dan para mantan guru dan alumnimya

25 Jan
Balas

saya ingin mencari teman teman di kelas 1-3 waktu itu wali kelas nya pak m.rasyid

25 Jan
Balas

saya ingin mencari teman teman di kelas 1-3 waktu itu wali kelas nya pak m.rasyid

25 Jan
Balas

saya ingin mencari teman teman di kelas 1-3 waktu itu wali kelas nya pak m.rasyid

25 Jan
Balas

saya ingin mencari teman teman di kelas 1-3 waktu itu wali kelas nya pak m.rasyid

25 Jan
Balas

saya ingin mencari teman teman di kelas 1-3 waktu itu wali kelas nya pak m.rasyid

25 Jan
Balas

saya ingin mencari teman teman di kelas 1-3 waktu itu wali kelas nya pak m.rasyid

25 Jan
Balas

saya ingin mencari teman teman di kelas 1-3 waktu itu wali kelas nya pak m.rasyid

25 Jan
Balas

saya ingin mencari teman teman di kelas 1-3 waktu itu wali kelas nya pak m.rasyid

25 Jan
Balas



search

New Post