samsudin

Nama : Samsudin Pekerjaan : Guru SDN 1 Kacangan Kec. Ngunut Kab. Tulungagung Prop. Jawa timur Hobi : Membaca dan menulis PendidikN : S1 Bhs. Inggris UMM dan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MERAKIT RASA UNTUK MENGGUGAH SELERA DAN BUDAYA

MERAKIT RASA UNTUK MENGGUGAH SELERA DAN BUDAYA

BAHAN-BAHAN NASI TUMPENG:

1. Beras 1 kg 3. Air kunyit secukupnya 5. Daun salam

2. Air santan 4. Garam secukupnya 6. Air secukupnya

CARA PEMBUATANYA NASI TUMPENG:

1. Rebus air secukupnya hingga panas

2. Masukan air santan, garam, daun salam dan air kunyit kedalam rebusan air hingga bebarapa saat

3. Masukkan beras yang telah dicuci kedalam air bumbu yang sedang direbus kemudian aduk-aduk seperlunya hingga beras menjadi setengah matang. Kemudian angkat dari tungku dan biarkan sesaat sambil mempersiapkan penanak nasi menjadi panas.

4. Masukkan nasi (beras) yang setengah matang tadi kedalam penanak nasi yang sudah panas dan biarkan kira-kira 30 menit. Setelah itu nasi siap diangkat dan bisa dicetak menjadi tumpeng kedalam bentuk yang kita inginkan.

5. Nasi yang ada dalam cetakan, tekan-tekan seperlunya hingga sedikit padat, kemudian nasi tumpeng siap dihias agar lebh enari.

BAHAN-BAHAN AYAM LODO:

1. Satu ekor ayam 5. Daun salam 9. Kecap 13. Jahe

2. Bawang merah 6. Kunyit 10. Penyedap 14. Laos/lengkuas

3. Bawang putih 7. Air santan 11. Cabe besar 15. Minyak goreng secukupnya

4. Daun jeruk purut 8. Garam 12. Cabe rawit

CARA MEMBUATNYA:

1. Ayam yang sudah dibersihkan bulu-bulunya dipanggang diatas bara api kira-kira 20 menit.

2. Bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe kecil dan garam ditumbuk hingga halus.

3. Bumbu yang sudah diditumis sampai tercium bau harum, kemudian masukan daun jeruk 3 lembar, daun salam 3 lembar, laos satu ruas , jahe satu ruas, dan penyedap rasa secukupnya.

4. Tambahkan 2 gelas santan dan air kunyit secukupnya kedalam bumbu yang sudah meyebarkan aroma harum tadi. Kemudian panaskan samapai mendidih dan sesekali diaduk-aduk biar santannya tidaak pecah.

5. Masukkan ayam yang sudah dipanggang tadi kedalam bumbu yang mendidih tadi dan tambahkan kecap secukupnya. Setelah itu, ungkep hingga kira-kira 15 menit atau daging ayan hingga lunak.

6. Angkatlah ayam yang sudah diungkep tadi dan pindah ketempat yang telah disiapkan. Kemudian berikanlah hiasan akan ayam lodho lebih menarik dan bisa membangkitkan selera.

BAHAN SAMBAL GORENG KENTANG:

1. Kentang 4. Cabe besar 7. Daun jeruk purut 10. Penyedap

2. Bawang merah 5. Cabe kecil 8. Garam 11. Air santan

3. Bawang putih 6. Lengkuas 9. Kecap 12. Minyak goreng

CARA MEMBUATNYA:

1. Rebus kentang hingga matang, kupas kulitnya dan setelah itu potong-potong sesui dengan selera.

2. Bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe kecil, dan sedikit garam ditumbuk halus. Kemudian tumis hingga tercium aroma harum.

3. Tambahkan selembar daun jeruk purut, lengkuas seruas jari, penyedap dan kecap secukupnya.

4. Tuangkan segelas air santan kedalam bmubu dan biarkan hingga mendidih. Jangan lupa sesekali dilakukan pengadukan agar bumbu tidak rusak.

5. Masukkan kentang yang sudah dipototong tadi dan aduk-aduk hingga bumbunya asat.

6. Angkat sambal goreng kentang dan pindah ketempat yang telah disediakan.

7. Berikan sedikit hiasan biar kelihatan lebih menarik dan sambal goring kentang siap untuk dihidangkan.

BAHAN URAP-URAP:

1. Bayam 4. Kacang panjang 7. Bawang merah 10. Kunyit

2. Sawi 5. Timun 8. Bawang putih 11. Garam

3. Capar (toge) 6. Cabe besar 9. Kelapa 12. Penyedap

CARA MEMBUATNYA:

1. Bayam, sawi, capar (toge), dan kacang dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera dibilas dengan air bersih, kemudian ditanak atau direbus sampai matang.

2. Bawang merah, bawang putih, cabe besar, kunyit seruas jari, garam dan penyedap secukupnya ditumbuk hingga halus. Sedikit gula pasir dapat diberikan agar sedikit rasa manis yang kelezatannya semakin menggigit.

3. Satu butir kelapa diparut, kemudian dicampur hingga merata dengan bumbu yang sudah ditumbuk tadi. Setelah itu ditanak hingga matang kira-kra 10 menit.

4. Timun dikupas setalah itu dipotong-potong dengan model yang menarik dan banyaknya sesuai selera.

5. Bila semuanya sudah matang, kecuali mentimun. Berarti sudah bisa ditatan semenarik mungkin dan siap dihidangkan.

BAHAN MIE GORENG:

1. Mie besar 4. Minyak goring secukupnya 7. Seledri

2. Bawang merah 5. Penyedap 8. Kecai

3. Bawang putih 6. Daun bawang 9. Kecap

CARA MEMBUATNYA:

1. Rebus terlebih dahulu mie kedalan air mendidih kira-kira 3 – 5 menit.

2. Bawang merah, bawang putih, dan garam ditumbuk halus kemudian digoreng hingga harum.

3. Tambahkan bumbu penyedap dan kecap secukupnya.

4. Daun bawang, seledri dan kecai yang telah potong-potong bisa ditambahkan.

5. Masukkan mie yang telah ditiris dan aduk-aduk dengan bumbu hingga merata kira-kira 4 menit.

6. Mie diangkat dan dipindah ketempat yang telah disediakan. Berikan sedikit hiasan agar lebih menarik dan membangkitkan selera.

7. Mie goring siap dihidangkan

Mungkin resep kuliner nusantara ini sangat perlu dicoba, karena selain kaya dengan cita rasa rempa nusantara yang terasa hangat dan menyehatkan. Resep ini juga kaya dengan nilai kultural dan religi yang terkolaborasi secara apik dalam bingkai sinkronisasi yang harmonis.

selain itu, juga akan menambah keakraban keluarga bila hal ini dilakukan saat hari libur dan dikerjakan bareng-bareng. semoga manfaat dan berbarokah, aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah mantab, pak SAM sekarang alih profesi jadi cheef, selamat ya pak, jangan lupa ikut tantangan saya

07 Apr
Balas

ha ha ha. profesi tetap pak, tapi cuman ada sedikit pengembangan (melebarkan sayap) saja Pak. ya kalau sempat saya ikut pak karena mulai minggu ini kuliyah linierisasi di UT sudah mulai aktif dan tugasnya seambreg banget.

09 Apr
Balas



search

New Post