Samsudin athafu

Nama: Samsudin Pekerjaan: Guru, Terapis Bioenergi & Quantum Energi, penyunting naskah/editor buku dan pegiat literasi di Tulungagung. Hoby: Membaca dan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Membuat Sinopsis Buku

Tips Membuat Sinopsis Buku

Tips Menulis Sinopsis Buku

Mulai siang tadi PGRI Tulungagung menggelar webinar via zoom meeting dengan tema Gerakan Online Tulungagung Menulis (Go Tulis). Acara tersebut selain didukung oleh Dinas Kependidikan Pemuda dan Olahraga, Kemenag dan juga menggandeng fihak ketiga yang cukup kompeten dalam hal kepenulisa, yaitu team Media Guru. Dari Dinas Kependidikan Pemuda dan Olahraga dihadiri oleh oleh PLT Drs. Haryo Dewanto. Sedangkan nara sumber dari team Media Guru tiga diantaranya disampaikan oleh Muhammad Ihsan, Eko Prasetyo, dan Muhammad Yasin.

Dan sebagai wujud dari pengimplentasian materi yang telah disampaikan maka diakhir acara setiap peserta diberi dua tugas untuk membuat karya tulis yang salah satunya adalah penulisan artikel bebas diruang kolom Gurusiana. Sedangkan dalam kesempatan ini penulis hanya akan membahas tentang tips bagaimana membuat synopsis calon buku yang akan segera diselesaikan sesuai dengan penjelasan yang disampaikan oleh Muhammad yasin.

Kata sinopsis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), didefinisikan sebagai ikhtisar atau ringkasan dari karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis. Dan dalam pembuatannya synopsis sebagai ringkasan cerita dari sebuah buku harus memenuhi tiga kriteria yang dipersyaratkan yang tertuang dalam tiga paragraph yang digunakannya.

Paragrap pertama dari sebuah sinopsis sebuah buku harus memuat identitas buku yang meliputi penyebutan nama penulis dan nama instansi dimana penulis tersebut bernaung.

Paragraph kedua berisi gambaran singkat tentang isi buku yang dibuatkan sinopsisnya tadi.

Dan yang ketiga adalah mempromosikan buku tersebut kepada pembaca sesuai dengan materi yang diulas dalam buku tersebut.

Tegalrejo, 13/10/2020, 23.14 WIB.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah, asyik cover itu nampang lagi.

15 Oct
Balas



search

New Post