Samsudin Simatupang, MPd

Pria berdarah batak yang lahir di kota Palembang pada 13 nopember 1961.Saat ini kegiatan yang dilakukan adalah menulis, traveling, mengikuti kegiata...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tagur 443 Tradisi masyarakat Betawi menghadapi bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Tentunya berbagai persiapan dilakukan oleh seluruh ummat Islam untuk memasuki bulan Ramadhan. Begitupula masyarakat Betawi mempunyai tradisi tersendiri dalam menghadapi bulan Ramadhan. Ada beberapa tradisi yang dilakukan masyarakat Betawi dalam menyemarakkan dan menghadapi bulan Ramadhan sebagai berikut:

1. Tradisi nyekar ke makam keluarga dan kerabat, dengan cara membersihkan makam dan berdoa bersama.

2. Tradisi nyorog kepada keluarga khususnya orang tua dengan membawa makanan dan bingkisan.

3. Tradisi munggahan dengan berkumpul kepada keluarga khususnya orang tua dengan bermaaf maafan.

4. Tradisi merang dengan cara mandi berkeramas massal dengan menggunakan sabun dan merang.

5. Tradisi ruwahan dengan melakukan doa bersama untuj menutup pengajian dan berdoa untuk arwah keluarga.

6. Tradisi malam nisfu sya'ban dilakukan pada pertengahan bulan sya'ban dengan berdoa bersama.

7. Tradisi buka puasa bersama dengan makan dan minum saat berbuka puasa dalam keluarga atau tetangga.

8. Tradisi takbir keliling yang dilakukan secara bersama sama dengan berkepiling kampung.

Demikian tradisi madyarakat Betawi yang masih dilestarikan sampai saat ini. Dan tentunya hal ini sangat baik untuk bersama sama menyiapkan diri untuk berpuasa, shalat tarawih, shadaqah, infaq, zakat, dan bersosialisasi dengan lingkungan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post