Samsul Arifin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkarya Untuk Peradaban Dunia

Berkarya Untuk Peradaban Dunia

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat saat ini. Tidak pernah terlepas dari pada para pemikir dan ilmuwan pada masa yang lalu. Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu dahsyat. Mampu merubah sebagian tatanan kehidupan sosial masyarat saat ini.

Seperti kita ketahui bersama bahwasanya alat komunikasi handphone sekarang ini begitu canggihnya. Apa yang menjadi kebutuhan kita bisa diakses dari genggaman. Mulai dari pekerjaan kantor, sekolah, pesan makanan sampai dengan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Semua kemudahan yang sekarang kita rasakan adalah berkat jasa para pendahulu kita. Yang telah berjuang untuk senantiasa memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan kehidupan di dunia. Mereka dengan bakat dan keahlian yang dimiliki mampu membuat suatu perubahan yang sangat berarti. Sebagai contoh perubahan dalam hal komunikasi yang dipelopori oleh Martin Cooper. Seseorang yang pertama kali menemukan handphone atau telepon genggam, bahkan dirinya sendiri pun tak pernah membayangkan kalau bisa membuat telepon selular berukuran kecil tanpa kabel yang bisa dibawa kemana saja. Martin Cooper memiliki nama lengkap, yaitu Martin Marty Cooper dan ia lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat pada tanggal 26 Desember 1928.

Pada tahun 1950, ia mendapatkan gelar sarjananya dalam bidang Electrical Engineering. Martin Cooper yang sangat tertarik dalam bidang elektronika memilih untuk melanjutkan studinya di Institute of Technology dan ia memperoleh gelar Magister dalam bidang rekayasa elektronika pada tahun 1957. Beliau menempuh pendidikan Masternya setelah keluar dari Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebelum melakukan penelitian terhadap telepon seluler, Martin Cooper bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dan ia diberi tugas di kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat.

Sekitar tahun 1970-an, Martin Cooper diberi tugas oleh John F. Mitchell (kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola) untuk memegang jabatan sebagai pemimpin insinyur yang ada di divisi mobil (carphone). Kemudian, John F. Mitchell dan Martin Cooper memikirkan bagaimana caranya untuk membuat suatu alat komunikasi yang bukan hanya bisa digunakan di dalam mobil. Hingga akhirnya, Martin Cooper dipercaya untuk memimpin penelitian terhadap perangkat telepon genggam atau handphone.

Setelah berpikir panjang, akhirnya Martin Cooper menemukan gagasan bahwa alat komunikasi tanpa kabel harus berukuran kecil serta ringan agar mudah untuk digenggam dan bisa menjadi alat portabel. Untuk menciptakan prototipe telepon genggam itu, di tahun 1972, Martin Cooper membutuhkan waktu selama 90 hari.

Berkat penemuannya itu, Martin Cooper dijuluki sebagai “Bapak Telepon Seluler (ponsel)”. Meskipun Martin Cooper diyakini sebagai penemu telepon seluler, tetapi beliau selalu mengatakan bahwa hasil temuannya itu berkat kerja sama tim.

Itulah satu kisah sejarah yang patut kita jadikan contoh. Memberikan kemanfaatan yang sangat luar biasa bagi kehidupan. Nah, bagaimana dengan kita saat ini yang tidak mempunyai kemampuan menciptakan handpohne seperti Martin Cooper?. Maka berkaryalah sesuai dengan tugas pokok dan kemampuan kita. Yang menjadi seorang pejabat pemerintahan, maka hendaklah berbuat semaksimal mungkin untuk kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat. Jangan sampai berbuat korupsi yang pada akhirnya menghancurkan seluruh sendi kehidupan masyarakat. Yang menjadi seorang guru/pendidik, hendaknya selalu memberikan pelayanan, bimbingan dan pembelajaran kepada seluruh anak didiknya dengan ikhlas serta selalu mendo’akan siswanya untuk kesuksesan masa depan mereka.

Berkaryalah sesuai dengan apa yang menjadi tugas dan profesi kita semaksimal mungkin. Menjadi teladan untuk generasi penerus bangsa yang kita cintai ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dunia era tehnologi

14 Jan
Balas

Yupp...

14 Feb

Yupp...

14 Feb



search

New Post