Sarahyudi

Seorang ibu rumah tangga yang berkeinginan untuk bisa menulis. Tak ragu dan malu untuk belajar pada siapapun. Berusaha terus menulis menulis dan menulis. Ibu da...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bermain sambil Belajar
Foto sesaat sebelum lomba mewarna

Bermain sambil Belajar

"Anak saya nggak mau belajar. Main terus"

"Kayak nggak ada kerjaan aja. Kok main mulu?"

"Nggak capek apa kok main terus? Mending bantuin mama"

Itulah beberapa kalimat yang sering diungkapkan orang tua tentang perilaku anak yang suka bermain. Bahkan tak jarang orang tua melarang anaknya bermain dengan alasan tidak menghasilkan sesuatu. Yang bermanfaat (bagi orang tua).

Padahal melalui bermainlah anak belajar. Sebagaimana prinsip bermain sambil belajar yang digunalan satuan pendidikan anak usia dini.

Berdasarkan pengalaman dan teori yang dikemukakan banyak ahli pendidikan. Diantaranya Ki Hajar Dewantara yang memandang bahwa bermain bagi anak merupakan kodrat alam yang memiliki pembawaan masing-masing serta kemerdekaan untuk berbuat serta mengatur dirinya sendiri.

Dapat disimpulkan bahwa bermain adalah hak anak. Maka sangat tidak bijak dan bahkan melanggar hukum apabila ada orang tua yang melarang anaknya bermain.

Seiring dengan perkembangan jaman yang juga mengembangkan pola pikir orang tua. Maka Pendidikan anak usia dini hadir sebagai wadah bermain yang terintegrasi bagi anak.

Kerjasama yang baik sangat diperlukan untuk mewujudkan kegiatan bermain sambil belajar itu berjalan lancar dan baik. Sehingga anak benar-benar merasa nyaman dan aman bermain sambil belajar.

"Percayakan dan dukung serta awasi kegiatan anak bermain dimanapun berlangsung" itulah pesan penting bagi orang tua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju bunda

22 Oct
Balas

Alhamdulillah... Terimakasih bu Dyahni

22 Oct

Yes setuju banget ...Bunda...

22 Oct
Balas

Alhamdulillah... Terimakasih hadirnya. Barakallah

22 Oct

betul bunda, sekrang sudah banyak permainan anak yang merangsang otak mereka utk berkembang baik kognitif maupun poskomotor

22 Oct
Balas

Alhamdulillah... Setuju. Tapi tetap ada pengawasan ya. Terimakasih hadirnya. Barakallah

22 Oct

Setuju dan tks telah berbagi

22 Oct



search

New Post