sari wulan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Penggunaan kartu huruf Hijaiyah Smart Pocket Untuk Meningkatkan kualitas Pembelajaran PAI
HURUF HIJAIYAH

Penggunaan kartu huruf Hijaiyah Smart Pocket Untuk Meningkatkan kualitas Pembelajaran PAI

Best Practice

Penggunaan Media Kartu "Smart Pocket"

Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Peserta didik

Oleh : Sari Wulan, S.Ag

A. Tahap Perencanaan

Mata Pelajaran PAI merupakan pelajaran yang cukup sulit bagi peserta didik dikarenakan anak kelas bawah masih ada yang kemampuan membacanya terbatas, kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, apalagi ada materi yang menggunakan bahasa arab karena memang pelajaran PAI ini ada materi mengenal huruf hijaiyah yaitu huruf arab. Melihat huruf arab saja mereka sudah bingung dan beban bagi mereka, bentuk yang aneh dan bunyi yang berbeda dengan Bahasa Indonesia. Cara penulisan yang berbeda juga membuat mereka asing pada huruf arab ini. Anak kelas bawah lebih tertarik pada gambar dan lagu oleh karena itu Guru membuat media yang sesuai dengan usia nya.

Sehingga dibutuhkan media yang dapat merangsang peserta didik dalam muningkatkan pemahaman materi terutama huruf hijaiyah dalam pelajaran PAI. Penerapan learning by doing pada kegiatan pembelajaran melalui kartu huruf hijaiyah diharapkan peserta didik dapat mengenal dan memahami huruf demi huruf yang dipelajari melalui permainan saat mengaplikasikan kartu smart pocket ini.

Materi huruf hijaiyah ini diperkenalkan satu persatu beserta bunyinya melalui lagu terlebih dahulu. Kemudian peserta didik mengikuti apa yang didengar. Dan mengulang ulang Kembali dari lagu yang didengarnya. Kemudian guru meminta peserta didik menebak kartu huruf yang ditunjukkan bunyi hurufnya. dan peserta didik dapat mengidentifikasi huruf huruf hijaiyah satu persatu.

Guru menyiapkan kartu kartu yang bertuliskan huruf hijaiyah sebagai media merangsang peserta didik dalam mengenal bunyi dan bentuk huruf arab satu persatu. Dengan harapan kartu kartu ini bisa membantu proses belajar mengajar di dalam kelas. Terutama anak kelas bawah yang masih sangat tertarik pada warna dan bentuk yang menarik maka guru membuat kartu berwarna warni agar pesereta didik semangat saat belajar. dan suasana kelas yang menyenangkan membuat mereka semangat untuk belajar.

Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran PAI sebagai berikut:

1. Menyiapkan konten dan konteks materi pembelajaran PAI KD 3.1 dan 4.1

2. Merancang kegiatan atau aktivitas belajar yang merangsang kemampuan daya ingat peserta didik.

3. Menyiapkan alat dan bahan untuk evaluasi peserta didik

B. Pelaksanaan

Berikut adalah deskripsi mengenai tahapan dalam pembelajaran berdasarkan RPP.

1) Tahap 1 apersepsi : pada tahap awal pembelajaran, agar peserta didik mengenal huruf hijaiyah secara bentuk huruf dan namanya. Guru memberikan apersepsi yang berkaitan dengan materi huruf hijaiyah melalui lagu atau nyanyian. Materi huruf hijaiyah ini diperkenalkan satu persatu beserta bunyinya melalui lagu terlebih dahulu. Kemudian peserta didik mengikuti apa yang didengar. Dan mengulang ulang Kembali dari lagu yang didengarnya.

2) Tahap 2 learning by doing : guru memberikan stimulus bahwa peserta didik dapat menyebutkan huruf huruf hijaiyah dan mengambil huruf yang sesuai dengan bentuk dan namanya. Sehingga peserta didik dapat mengingat huruf hijaiyah secara benar.

Kemudian guru meminta peserta didik menebak kartu huruf yang ditunjukkan bunyi hurufnya. dan peserta didik dapat mengidentifikasi huruf huruf hijaiyah satu persatu. Baik bentuk dan bunyi dari huruf yang diminta guru.

3) Tahap 3 mengidentifikasi huruf huruf hijaiyah melalui permainan dengan Setiap kelompok terdiri dari 7 orang. Masing masing siswa memasukkan kartu ke dalam kantong sesuai dengan urutan huruf dengan benar. Dan menyebutkan bunyi hurufnya dari awal sampai akhir . dari alif sampai ya dengan urutan yang benar.

4) Selanjutnya mendengarkan intruksi guru untuk menyebutkan kartu yang diminta lalu memasukkan ke smart pocket. Berharap dengan melakukan permainan ini semakin kuat daya ingat peserta didik dalam mengenal huruf hijaiyah secara benar. Dan terus mengingat untuk mempermudah pada tahapan selanjut dalam belajar membaca Al qur’an.

5) Tahap 4 Evaluasi peserta didik mengikuti instruksi yang sesuai dengan LKS. Guru memberikan evaluasi yang terkait dengan LKS tersebut.dan peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

C. Visual Hasil

Berdasarkan hasil dari pelaksanaan dapat diperoleh:

Guru memberikan apersepsi terlebih dahulu dengan lagu hijaiyah alif ba ta sa

Guru mengenalkan huruf huruf hijaiyah melalui kartu satu persatu bunyi hurufnya dan merangsang peserta didik untuk menjawab huruf yang masih kosong di smart pocket.

Guru menyebutkan huruf satu huruf dan bunyinya serta bentuk hurufnya dan dapat mengidentifikasi huruf satu persatu.

Guru meminta peserta didik menyusun huruf hijaiyah yang diacak dan disusun sesuai urutannya.

Peserta didik mengerjakan LKS yang diberikan guru dan peserta didik mengumpulkan hasilnya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post