Saryati

Lahir di Kulon Progo 10 Maret 1967, Sebagai guru di SMP Negeri 1 Sukaresmi mulai tahun 1989 sampai dengan tahun 2012. Pada Bulan Oktober tahun 2012 tugas pertam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perubahan pada Standar Proses

Perubahan pada Standar Proses

Kebijakan Baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang digulirkan salah satu diantaranya adalah Guru Penggerak yang mencipkan Merdeka Belajar. Guru Penggerak adalah peluang guru untuk secara bebas berinovasi, kreatif dan mengekplore dalam pembelajaran sehingga siswa lebih bisa mengekplore juga kemampuan meraka masing-masing.  Sebagai pemeblajar yang mengutakan kebutuhan siswa dan menggerakkan siwa belajar dari apapun, dimanapun, dan melalui inovasi-inovasi.

Perubahan dalam proses pembelajaran itu adalah inovasi yang dikembangkan dari seorang guru penggerak Metode dan model pembelajaran yang harus diinovasi terus menrus karena antara materi yang satu dengan yang lain tidak bisa disamakan penggunaan Metode dan Model Pembelajaran. Tantangan seorang guru penggerak dalam menginovasi memetakan Kompotensi dengan metode serta model pembelajaran yang tepat. 

Analisis Kekurangan atau permasalahan tiap mata pelajaran akan berbeda. Kegiatan pemetaan dan analisis kompetensi itu dilaksanakan pada kegiatan SPMI di SMP Negeri 3 Cipanas yang saya sebut "NETCIS". Seperti yang telah ditulis dalam tulisan sebelumnya tentang Teamwork dalam managemen Perubahan setiap satu minggu satu kali kita shareing kekurangan, kesulitan dan permasalahan yang dijalankan siklus SPMI dalam mencari solusi dari maslah tersebut. Setiap guru mempunyai inovasi masing-masing sesuai dengan karakteristik Mata Pelajarannya. Tujuan dari mmencari inovasi, solusi itu agar KBM dapat meningkat kualitas maupun hasil pembelajaran tersebut, dengan KBM yang menyenangkan berbobot dan siswa benar-benar merasakan "Merdeka Belajar".

Salah satu dari semua mata pelajaran yang saya ingin angkat dalam tulisan ini adalah mata pelajaran Prakarya. Permasalahan yang terdapat dalam Mata pelajara Prakarya adalah : saat KBM berjalan di kelas dengan metode diskusi dan lain, sebagian besar siswakurang begitu antusias dan tidak bebas dalam menyampaikan ide dan hasil pemikirannya. Selain masalah tersebut juga ada masalah yang paling banyak yang sering dijumpai dimanapun yaitu Sampah Anorganik yang tidak bisa terurai hanya dibakar saja. Solusi untuk masalah tersebut dengan Mata Pelajaran Prakarya dikemas sedemikian rupa bahawa dalam Prakarya ruang lingkup materinya adalah "Kerajinan"

Kerajinan adalah suatu proses membuat dari bahan bekas baik itu lunak atau keras contoh dari Sterofoom, kertas dibuat kerajinan yang menghasilkan karya atau produk sebagai hiasan, tempat file dan dapat dimanfaatkan bahkan jika mungkin bisa dipasarkan sebagai Kewirausaan. Kegiatan Belajar seperti ini dilaksanakan di SMPN 3 Cipanas menyikapi Merdeka Belajar agar siswa dapat bebas mengekplore dan hasilnya harus ada presentasi dari cara pembuatan kerajinan tersebut.

Teringat pada waktu saya bertugas di sekolah sebelumnya metode ini dilakukan sebagai inovasi UKS yaitu " GEBER SANGU" Gerakan Bersama Sampah Guna, Inovasi dan harapan dari memoriku ini semoga juga bisa bermanfaat tertanam juga di SMPN 3 Cipanas dan sudah mulai dengan Gerakan memanfaatkan sampah lunak menjadi kerajinan hiasan atau tempat tisu, dan lain sebagainya.

Perubahan pada Standar Proses sudah mulai menjamur pada  mata pelajaran yang lain, harapannya Standar Proses mencapai SNP dan semboyan walau sekolah di Pinggir Gunung tapi Inovasi dan kualitas harus setinggi Gunung.

Semangat guru-guru Penggerak yang hebat.. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif

05 Apr
Balas

Terimakasih tulisan bergizinya bu. Barokallah.

23 Mar
Balas

Sama2....semoga bermanfaat.

23 Mar



search

New Post