Segara murnia

Nama saya Segara Murnia, lahir di Padang Panjang lebih dari setengah abad yang lampau. Sejak tahun 1974, ayah dan bunda memboyong kami sembilan putra putr...

Selengkapnya
Navigasi Web

Unta masuk ke lubang jarum

Seperti biasa setiap hari di MTsN 1 Depok mengadakan kegiatan pembiasaan setiap pagi sebelum belajar di kelas. Kegiatan pembiasaan dilaksanakan di lapangan. Saat membaca Alqur'an, ada saja siswa yang terlihat tidak sungguh-sungguh, bahkan tampak ada yang sambil bercanda. Saat itu hari selasa kebetulan saya bertugas untuk mendampingi siswa dalam kegiatan pembiasaan. Pada akhir pelaksanaan pembiasaan saya sampaikan kepada siswa yg berjumlah 24 kelas bahwa jika membaca Alqur'an baca juga artinya sehingga paham apa yang sudah dibaca. Kemudian saya sampaikan kepada siswa firman Allah yang mengatakan bahwa bagi orang yang main-main ketika membaca Alqur'an maka bagi mereka tidak dibukakan pintu langit dan boleh masuk syurga bila mereka berhasil memasukkan unta ke dalam lubang jarum. Semua siswa terheran-heran. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk menarik perhatian mereka, untuk meningkatkan daya baca mereka terhadap arti ayat-ayat Alqur-an sehingga dapat memahami serta menerapkan atau mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, khusus dalam hal ini, bersikap sungguh-sungguh dalam membaca Alqur'an. Untuk lebih memotivasi, mereka saya suruh mencari ayat tentang "unta masuk ke lubang jarum" . Untuk memudahkan mereka menemukannya, saya beri tahu suratnya yaitu Al A'raf yang merupakan surat ke-7 dalam Alqur'an. Mereka antusias mencari, yang lebih dulu menemukan ayatnya disuruh tampil ke depan. Saat itu tampillah 2 orang siswi. Satu orang membacakan ayatnya dan yang satu orang lagi membacakan terjemahannya. Mereka berdua diberi hadiah pulpen. Alhamdulillah saat itu saya merasa bersyukur melihat ketakjuban siswa terhadap Alqur'an. Harapan saya, semoga pada hari Selasa berikutnya saya dapat memotivasi mereka kembali.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga tulisan ini bermanfaat

24 Aug
Balas



search

New Post