Seir Haidah Hsb

Seir Haidah Hasbuan, M. Pd. K. Lahir 22 Mei 1965 di Pematang Siantar. Mengajar dari tahun 1986 sampai sekarang. Tempat tugas di SDN Cipayung 02 Komplek Perwira ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kerja Bakti di Rumah
sumber galeri

Kerja Bakti di Rumah

26 November 2022 @Cernak

#Tagur hari ke-150 menuju 365 tahun ke-2

Karya: Joy Feyderika Kelas 4

Bekerja Bakti di Rumah

“Anak-anak, hari Sabtu besok kita akan bersih-bersih ya, tidak ada yang bepergian,” Mamaku memberi pesan kepada kami saat makan malam.

“Baik Ma,” kami menjawab serentak.

Kami ada empat bersaudara. Aku dan kakak sering membantu mama di rumah.

Setelah selesai makan kami masih duduk di kursi masing-masing. Mama akan membagi tugas. Mama memasak untuk makan siang, bapak membersihkan kamar mandi, kakak menyapu lantai dan mencuci baju, adik membersihkan kamar, sedangkan aku sendiri menyusun piring dan membersihkan kaca.

Kami semua setuju akan pembagian tugas tersebut.

“Baik, Ma, tetapi mama masak yang enak ya, kan sudah capai bekerja,” kataku sambil tersennyum.

Ternyata usulku diikuti oleh kakak dan adikku. Kami pun tertawa semua.

“Baiklah, mama akan masak yang enak,” balas mama dengan kedua jempolnya di angkat.

Usai makan dan pembagian tugas, aku, kakak dan adikku beranjak dari meja makan menuju kamar masing-masing. Bapak dan Mama tinggal. Mereka masih berbincang bincang.

Malam semakin larut aku membayangkan esok hari saat kerja bakti, pasti mengasikkan. Aku pun terpejam dan tidak tahu lagi apa yang terjadi.

Keesokan hari, aku terbangun, kulihat jam menunjukkan pukul 07. 00.

“Wah, sudah pagi rupanya, oh, ya, hari ini kan tidak masuk sekolah,” kataku dalam hati.

Sebelum keluar dari kamar aku duduk untuk melantunkan doa kepada Tuhan, karena sudah melindungiku saat tidur dan membangunkanku dengan sehat.

Selesai berdoa, aku menuju ruang tamu, ternyata mamaku sudah bangun. Mama menyiapkan sarapan pagi.

“Ma, lapar nih, boleh makan ma,” pintaku sambil tanganku menutup mulutku yang sedang menguap.

“Ayo, sana mandi dulu, biar segar,” perintah mamaku.

Aku pun mandi, kemudian disusul adik dan kakakku.

Sarapan pagi sudah terhidang di meja makan, kami makan bersama.

“Anak-anak, makan yang banyak ya, biar ada tenaganya saat bekerja bakti,” ungkap mama.

“Baik, ma,” kami menjawab serentak.

Semua sudah selesai sarapan, sesuai dengan tugasnya kami pun melakukan dengan gembira. Rumah pun bersih semua merasa senang.

“Ah, capai juga dan lapar lagi,” ucap adikku.

“Kasihan adikku ini, sebentar lagi kita makan ya, mama sudah masak enak,” kataku menghibur.

Makan siang sudah selesai, kami istirahat sambil ngobrol-ngobrol dan bercanda satu sama lain.

Siang itu matahari sangat panas, langit tampak bersih, tidak ada awan menghitam. Rasa panas terasa sampai ke tubuh. Karena sudah letih saat kerja bakti rasa kantuk taktertahan lagi. Aku dan kakak serta adik, masuk ke dalam kamar untuk tidur siang.

Jakarta, 26 November 2022

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereen.... Kerja sama mempererat persaudaraan. Mantap, bun

27 Nov
Balas

Cerita kehidupan yang mencerahkan. Salam sehat dan sukses selalu. Terima kasih telah mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

27 Nov
Balas

Cerita kehidupan yang mencerahkan. Salam sehat dan sukses selalu. Terima kasih telah mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

27 Nov
Balas

Indahnya kebersamaan dalam keluarga. Sukses Bu Seir Haidah

27 Nov
Balas

Acara keluarga yang menyenangkan. Semoga semakin kompak dan keluarganya sehat dan bahagia.

27 Nov
Balas

Lama tak bersua ya bundaa... Masih konsisten dengan karya-karya ceritanya. Terakhir saya mengikuti kisah Sondang, berapa bulan yg lalu. Semakin sukses ya Bundaa.... Salam literasi juga Bun.

27 Nov
Balas



search

New Post