Seir Haidah Hsb

Seir Haidah Hasbuan, M. Pd. K. Lahir 22 Mei 1965 di Pematang Siantar. Mengajar dari tahun 1986 sampai sekarang. Tempat tugas di SDN Cipayung 02 Komplek Perwira ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentas Seni
Kokpri

Pentas Seni

Pentas Seni

#Tagur ke 61

@Kolom

Pentas seni atau disingkat pensi adalah sebutan untuk acara yang terdiri dari beberapa seni pertunjukan yang umumnya diselenggarakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Pentas seni diadakan sebagai sarana pengembangan bakat, minat dan daya cipta siswa sekolah. Pentas seni umumnya dilakukan di atas panggung. Seni pertunjukan yang ditampilkan terdiri dari seni musik, pembacaan puisi, tari, dan juga teater. Pensi telah menjadi tradisi dalam pendidikan di Indonesia.

Selama enam tahun kelas 6 berjibaku menuntut ilmu di sekolah dasar, khususnya siswa-siswai SD Nergeri Cipayung 02. Tidak disadari mereka sudah mengahiri kedudukannya segabai siswa di SDN Cipayung 02, saat mereka selesai mengikuti ujian kahir (US).

Setelah selesai ujian akhir mereka hanya sesekali hadir di sekolah. Biasanya jelang berakhirnya sebagai siswa kls 6, guru kelas dan siswa sudah latihan mempersiapkan berbagai penampilan di acara perpisahan yang akan diadakan. Tetapi tahun ini siswa kelas enam tidak diperkenanankan mengadakan perpisahan dengan acara yang meriah. Contohnya membuat panggung di halaman sekolah atau perpisahan di luar kota. Cukup dengan acara sederhana saja di dalam ruangan.

Acara perpisahan kelas 6 diadakan sebelum pengumuman kelulusan, peraturan yang sangat mendadak ini membuat guru kelasnya kewalahan. Hasil rapat kepala sekolah memberitahukan bahwa kegiatan untuk siswa kelas 6 tidak diizinkan memakai panggung di halaman sekolah dan harus diadakan sesedehana mungkin.

Sejak kepala sekolah memberikan pengumuman, persiapan untuk kelas 6 hanya ada waktu tiga hari. Akhirnya hasil rapat kepsek dan guru-guru disepakati, judul kegiatan kelas 6 adalah Pentas Seni SDN Cipayung 02. Pentas seni ini didiisi oleh perwakilan setiap sekolah. Ada pun yang ditampilkan adalah, tarian daerah, kreasi, menyanyi duet dari siswa kelas 6 dan penampilan terakhir adalah paduan suara dari kelas 6.

Walau pun kegiatan dilakukan dengan sederhana di dalam ruangan, namun tidak mengurangi semangat dan suka cita dari siswa kelas 6 dan perwalikan siswa kelas 1 sampai kelas 5 yang ikut berperan dalam kegiatan pentas seni. Penampilan setiap kelas sangat meghibur dan menyemarakkan acara pentas seni tersebut. Dengan adanya Pentas Seni ini terlihat sangat terkesan kepada siswa-siswi kelas 6 yang akan meninggalkan sekolah dasar yang selama enam tahun diduduki.

Dari setiap penampilan siswa tidak lupa diabadikan untuk dijadikan dokumentasi. Momen terakhir adalah berfoto ria antara guru, orang tua dan siswa.

Semoga kegiatan ini menambah semangat dan sukacita bagi siswa-siswi SDN Cipayung 02.

Jakarta, 2 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeennn.... Semoga menjadi kenangan indah buat anak2. Sukses selalu, Bunda

03 Jun
Balas

keren sukses Bu Seir Haidah

03 Jun
Balas

giat yang paling disukai anak-anak. Mantap, Bu. Salam sukses.

03 Jun
Balas



search

New Post