sensen darmawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

SEHAT RAGAKU, SIAP MERAIH PRESTASI

Sehat Ragaku, Prestasi Ku Raih.

Oleh ; Dadang Darmawan,S.ST

Satu lagi penulisan tentang PTK persembahan dari level 1.

Ketika dibukakan pintu kelas pada saat semua siswa berbaris rapih duduk didepan kelas mendengarkan ibu guru menjelaskan tentang perbuatan baik (terpuji) dan perbuatan buruk (tercela), munculah sosok ibu yang tidak dikenal hadir di daun pintu seraya berkata "Assalamualaikum" dijawab kompak oleh semua yg berada di dalam kelas "waalaikum salam" lalu kami berbincang sejenak dan menanyakan maksudnya, tidak lama dari itu kami langsung mengetahui apa maksudnya dan langsung membuat kelompok siswa, pelajaran PAI pun ikut terganggu pada hari ini, ada apa kah gerangan ?

Hari ini ada jadwal pemeriksaan kesehatan siswa yang akan dilaksanakan oleh pihak puskemas setempat yang bertempat di ruang UKS.

Sontak anak-anakpun ada yg merasa takut duluan, ada yg hampir meneteskan air mata, ada yang ingin keluar dengan alasan mau ke kamar mandi, hari ini suasana kelas sangat aktif karena sudah ada didalam benak pikiran anak-anak pasti akan disuntik, itu yang membuat mereka merasa takut, namun ada juga yang merasa santai karena itu sudah biasa dan tidak sakit katanya sambil tersenyum tipis hehehehe.

Dengan suara tegas ibu guru menyampaikan hari ini akan ada pemeriksaan kesehatan dan pengukuran tinggi badan dan berat badan.

Siswa dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 10 siswa dalam satu kelompoknya, siswa yang lainnya menunggu dan melanjutkan pelajaran PAI didalam kelas, 10 orang siswa maju berjalan beriringan menuju ruang UKS yang terletak disudut gedung Ahmad Dahlan lantai bawah, satu persatu siswa di data nama dan umurnya lalu mengantri untuk di timbang berat badannya, setelah ditimbang berat badannya lalu di ukur tinggi badannya, setelah diteliti rata-rata berat badan siswa berada di kisaran 20 kilo lebih dan tinggi badan berada di kisaran 100cm rata-ratanya.

Selanjutnya pemeriksaan detak jantung dengan stetoskop, pemeriksaan leher, pemeriksaan bola mata, pemeriksaan lidah, gigi dan gusi, pemeriksaan telinga.

Penulis melakukan sedikit sesi tanya jawab dengan tim dokter, karena semuanya sibuk bekerja, penulispun sabar dan menunggu setiap ada kesempatan lalu melayangkan pertanyaan, penulis menanyakan maksud dari pemeriksaan tetsebut.

Akhirnya didapatlah jawabannya sebagai berikut ;

- pemeriksaan mata

Pemeriksaan mata ini sangat penting dilakukan, karena dari mata dapat banyak sekali informasi mengenai gejala apapun (diagnosis fisik) sehingga dokter dapat mengetahui gejala dari dua buah bola mata, gejala tersebut diantaranya hipertensi, anemia dll.

-pemeriksaan leher

Saat pemeriksaan leher banyak siswa yang kegelian karena efek pijitan dari jari antik dokter yang seolah olah sedang memijit hehehe

Ini fungsinya untuk memeriksa denyutan, apakah adanya denyutan yang abnormal atau tidak, sekaligus memeriksa aktifitas jantung.

-Pemeriksaan mulut

Pemeriksaan mulut dengan bantuan senter sama halnya seperti memeriksa mata. Pemeriksaan mulut ini meliputi lidah, gigi dan gusi, ini maksudnya mencari apakah ada gejala karies pada gigi atau gusi, pemeriksaan lidah untuk mendapatkan informasi dan dapat menentukan apakah siswa ini sehat atau sakit.

Alhamdulillah dari awal pemeriksaan sampai akhir pemeriksaan, siswa dikategorikan dalam kategori normal, dalam artian tidak ada yang sakit, Alhamdulillah sehat ragaku dan siap meraih prestasi.

Bandungl, 15 Nov 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post