sensen darmawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Stiker penggugah Prestasi

Stiker penggugah Prestasi

Stiker yang kecil nan imut itu

Membuat siswa berprestasi

Oleh ; Dadang Darmawan

Stiker, apa sih stiker itu ? Apa bisa stiker jadi alat bantu hafalan siswa ?

Pertanyaan mendasar seperti ini masuk ke dalam bahasan/diskusi tim ismubaristik level 1 sejak dimulainya tahun ajaran baru 2017-2018, stiker yang lucu ini memiliki dampak sangat besar terhadap prestasi hafalan siswa kelas 1. Lalu, apa hubungannya stiker dan prestasi hafalan siswa ? kembali pertanyaan seperti ini di bahas dalam forum diskusi hehehe, sekarang kita bahas dulu stikernya yuuk..

Benda yang bernama stiker ini memang sangat lucu, unik dan menggemaskan, banyak sekali variant gambarnya, ada yang berbentuk emoticon, ada yang berbentuk bintang, ada yang berbentuk buah-buahan dan masih banyak lagi yang lainnya, stiker jenis ini banyak sekali di jual di depan gerbang pintu sekolah dengan harga yang bervariasi dikisaran 2000 rupiah per bungkusnya dengan isi 40 stiker kecil, stiker ini berfungsi untuk di tempel dimanapun yang kita sukai, karena itulah fungsinya, lucu dan unik serta simpel itulah yang menarik kami tim ismubaristik untuk melangkahkan kaki ke depan untuk membeli stiker tersebut.

Dengan maksud untuk memberikan reward sederhana kepada anak-anak kami di level 1 bagi yang berhasil menghafalkan surat-surat pendek khususnya, inilah yang menjadi hubungan antara stiker dan prestasi hafalan siswa, lalu ditempelkan stiker tersebut di papan target pencapaian hafalan siswa, stiker tersebut juga kita berikan kepada siswa yang telah mengaji dan ditempelkan di kartu baca iqro/al qur'an, diberikan juga kepada siswa yang selesai menulis pada saat pembelajaran lalu ditempelkan di buku dan modul ismubaristik.

Alhamdulillah anak-anak kami menjadi semakin bersemangat menghafal dan belajar, tentu kita semua berharap anak-anak kita termasuk anak didik ingin menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Memang tidak disemua kegiatan diberi reward stiker ada kalanya kami juga memberi reward berupa cap bergambar, makanan dan tak jarang juga memberikan reward berupa pujian dan semangat untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya sebagai tabungan untuk kehidupan kita di alam akhirat.

Tapi hati hati ya pemberian reward ini jangan berpikiran dan jangan disamakan serta jangan dikategorikan sebagai "suap" ya, ini beda kontek dan beda maksud. Reward ini diberikan untuk membangun hal positif dalam proses pembelajaran.

Teknik pemberian reward dengan stiker ini dapat diterapkan dengan asyik pada beberapa hal jika kita juga menginginkan siswa-siswi mengetahui sudah sejauh mana hasil capaian mereka, saat mereka jauh lebih banyak melakukan hal positif dan mengurangi hal yang tidak perlu dikerjakan.

Inilah hal kecil namun bermakna yang kami lakukan di level 1, stiker kecil yang menjadi alat bantu peningkatan prestasi siswa sangat efektip dilakukan, semoga menginspirasi untuk yang lainnya.

Antapani, Bandung, 8 - 11 - 17

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren sangat inspiratif

05 Dec
Balas

Bolehkah kami mengadopsi di kelas kami?

25 Dec
Balas

saya sudah coba di kelas saya... murid saya antusias sekali... termotivasi aktif di kelas, nilai nya juga ada kemajuan baik kognitif maupun sikap di kelas. terima kasih

10 Apr
Balas



search

New Post