sensen darmawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Workshop menerima keunikan diri dan peserta didik

Guru Hebat, KITA Banget

Oleh ; Dadang Darmawan, S.ST

Sabtu, 11 november 2017 digelar acara workshop di Aula Al Irfani dengan pembicara Ibu.Irawati Imran, Psikolog.

Dengan mengusung sebuah tema yang sangat unik dan menarik sehingga membuat Aula Al Irfani penuh dihadiri para pendidik SD-SMP Muhammadiyah Antapani, tema yang diusung yakni "Menerima Keunikan Keberagaman Diri dan Peserta Didik.

Sebelum ke peserta didik penulis akan memulai dengan mengetahui terlebih dahulu tentang keunikan diri, tentunya diri dari masing-masing guru dengan mengisi tes psikologi (tes talenta "kecerdasan majemuk"), terdapat delapan tes kecerdasan majemuk dan tiap-tiap tes terdapat sepuluh butir pertanyaan yang harus dijawab dengan menggunakan angka, yakni angka 1 untuk sangat tidak setuju, 2 tidak setuju, 3 agak setuju, 4 setuju, 5 sangat setuju.

Setiap guru mengisi masing-masing tes ini dengan sangat teliti lalu dijumlahkan dan diisi pada tahap evaluasi diri, disini kita akan menemukan keunikan diri kita masing masing dan menemukan talenta kita secara pribadi, untuk penulis sendiri berada pada kecerdasan majemuk 06 yakni kecerdasan interpersonal.

Kecerdasan Interpersonal itu adalah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia orang lain, mengerti pandangan, sikap orang lain dan umumnya dapat memimpin kelompok.

Penemu dari kecerdasan majemuk itu sendiri ialah Prof. Howard Gardner dari Amerika Serikat.

Setelah mengetahui talenta pribadi masing-masing dari tes kecerdasan majemuk, selanjutnya masing-masing guru di wajibkan mengisi kembali tes MBTI (Mayer Briggs Tipe Indicator) tes ini untuk membaca kepribadian.

Membaca kepribadian adalah ilmu yang sangat menarik karena banyak sekali tipe tipe kepribadian ada kholeris, sanguinis, melankolis dan phlegmatis, dan sudah banyak sekali yang mengembangkan ilmu ini namun diantara tes kepribadian yang paling akurat dan banyak dipakai adalah metode MBTI.

Untuk mengisi tes kepribadian MBTI kita bisa masuk ke situs

http://mbti.anthonykusuma.com/tes

(Yang belum, silahkan di isi ya)

Disini kita akan mengisi kembali butir-butir pertanyaan dan setelah mengisi lalu klik kolom paling bawah dan kita akan mengetahui kepribadian masing masing serta lengkap dengan saran pengembangan, saran profesi dan saran memilih partner.

Diantara tipe kepribadian yang akan muncul ialah ISTJ, ISFJ,ISTP, ISPF, ESFJ, ENFJ dan masih banyak lagi yang lainnya karena memang terdapat 16 tipe kepribadian MBTI, untuk penulis sendiri berada pada tipe ENFJ.

Setelah mengetahui kepribadian kita masing masing tentunya kita menjadi lebih memahami kelebiha duru kita sekaligus kelemahan yang ada pada diri sendiri dan kita bisa lebih fokus mengembangkan kelebihan kita dan mencari cara untuk memperbaiki sisi kekurangannya.

Bersambung..

Bandung, 14-11-2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post