Septi damayanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PERKEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA MASA KINI

PERKEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA MASA KINI

Septi Damayanti

Mahasiswa Akuntansi FE Unissula

Sri Dewi Wahyundaru

(email: [email protected] )

PERKEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA MASA KINI

Perkembangan cepat dunia digital menuntut banyak perubahan dan penyesuaian di semua bidang termasuk Pendidikan. Apalagi ditengah posisi Indonesia yang menjadi Negara dengan jumlah penggunaan internet terbesar se-ASEAN dengan jumlah 93,4 JT atau sama dengan 36% dari total populasi pada tahun 2015, bahkan emarketer menyebutkan pada tahun 2018 penggunaan internet di Indonesia akan mencapai 123 JT, jumlah ini mengalahkan Jepang dan membuat Indonesia termasuk dalam Top 5 Dunia. Dunia tengah memasuki revolusi digital atau industrialisasi keempat. Penggunaan Internet of Thinga (IoT), big data, cloud database, blockchain,dll akan mengubah pola kehidupan manusia. Sebelumnya inovasi pendidikan dilakukan dengan membuat sistem UN tak lagi menggunakan lembaran kertas melainkan menggunakan sistem online. Dengan sistem online ini, Negara bahkan dapat menghemat anggaran sebesar Rp. 13,6 miliar berdasarkan percobaan UN secara online pada tahun 2015.

Bimbingan belajar online salah satunya adalah Ruang guru. Ruang guru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menaarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Imam Usman yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di asia. Ruang guru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintahan daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu ruangguru berhasil bekerjasama dengan 32 dari 34 pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Selain itu ruangguru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan , belajar on-demand, tryout ujian online dll. Ruangguru sangat berguna bagi pendidikan di Indonesia. Ruangguru bukan hanya hadir sebagai sebuah bisnis, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan tambah penghasilan bagi guru di Indonesia. Ruangguru percaya, dengan meningkatkannya kualitas guru,maka mutu pendidikan di Indonesia juga akan menjadi lebih baik. Dengan adanya ruangguru tersebut bisa membantu siswa,guru,dan orang tua untuk menjalankan aktivitasnya menjadi lebih efektif dan efisien. Kontek yang dimiliki ruang guru mencakup SD,SMP,dan SMA sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman. Di dalam aplikasi ruang guru terdapat berbagai latihan soal yang disusun berdasarkan topik mata pelajaran,dan terdapat latihan soal juga didalamnya. Belajar privat menggunakan aplikasi ruang guru dapat dilakukan kapan dan dimana saja dengan cara yang cukup mudah yaitu dengan memotret soal yang sulit, mengunggah dan mengirim pesan atau telepon dengan guru secara online, membuat murid dapat semakin memanfaatkan penggunaan telepon pintar mereka. Sistem manajemen belajar ruang guru menyediakan panel dasbor dan data wawasan bagi pemerintah untuk mendukung pembuatan kebijakan berbasis data, dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya. Ruang guru sebagai perusahaan lokal berkomitmen menjadi mitra pemerintahan daerah untuk meningkatkan hasil akademis siswa di seluruh Indonesia dengan teknologi. Melalui pemanfaatan akses konten lewat perangkat mobile, ruang guru berusaha memberikan konten pendidikan kelas dunia melalui teknologi kepada siswa dengan biaya lebih terjangkau daripada metode belajar konvensional.

Referensi:

ruangguru.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post