Septin Eka Damayanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Menyusun Best Practice dengan Metode STAR

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : SMP Negeri 13 Kota Cirebon

Lingkup Pendidikan : SMP

Tujuan yang ingin dicapai :Meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran teks cerpen dengan model projek based learning dengan Teknik gambar berseri pada siswa SMP Negeri 13 Kota Cirebon

Penulis : Septin Eka Damayanti,S.Pd.

Tanggal : 29 November 2022 (PPL Siklus 4)

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran sebelumnya, salah satu penyebab siswa tidak termotivasi dalam pembelajaran menulis cerpen adalah metode pembelajaran yang digunakan kurang menantang dan kurang menarik minat mereka dalam menulis teks cerpen. Metode pembelajaran yang selama ini digunakan adalah dengan cara menuliskan teks cerpen sesuai tema yang ada di buku paket .

Kegiatan menyajikan teks cerpen sering juga tidak selesai dilaksanakan di sekolah. Berbagai alasan dikemukakan oleh siswa, misalnya mereka sulit memusatkan konsentrasi dalam mengembangkan pengetahuan meskipun ide atau topik yang akan dikembangkannya sudah ada dan sudah terpikirkan. Siswa mengaku tidak ada inspirasi, konsentrasi terganggu, bosan, malas berpikir, tidak ada ide, tidak ada mood dan beberapa alasan lainnya. Beberapa siswa mengaku akan lebih nyaman bila kegiatan menulis dilaksanakan di rumah. Atas persetujuan guru, biasanya siswa dibiarkan menyelesaikan menulis teks cerpen itu di rumah dan diminta menyerahkan hasil karyanya pada pertemuan berikutnya atau seminggu kemudian.

Membiarkan siswa menulis teks cerpen di rumah sangat tidak efektif. Guru sama sekali tidak melihat proses pengembangan ide yang dilakukan oleh siswa. Kompetensi siswa dalam menulis teks cerpen tidak dapat diketahui dengan pasti bila proses penulisannya tidak disaksikan oleh guru. Hal ini akan menyulitkan guru memantau hasil belajar karena terdapat kemungkinan siswa dibantu oleh orang lain atau menyalin ulang teks cerpen yang terdapat dalam majalah, internet atau sumber lainnya.

Sehubungan dengan peningkatan motivasi dan kemampuan siswa dalam pencapaian kompetensi yang diharapkan tersebut, dibutuhkan solusi dalam memilih metode yang tepat dan menyenangkan untuk memotivasi siswa mengembangkan imajinasinya ke dalam bentuk teks cerpen dan dapat dilaksakan di sekolah (di dalam kelas atau luar kelas) dan tidak di bawa pulang ke rumah.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:

1. Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi

2. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas

3. Anggapan peserta didik belajar menyusun cerpen itu sulit sehingga membuat peserta didik tidak bersemangat dalam menerima pelajaran.

4.Dalam berdiskusi kelompok ,masih di dominasi oleh siswa yang pandai sehingga pekerjaan hanya diselesaikan oleh siswa yang pandai.

Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, pendidik, teman sejawat . Tantangan itu yang menyebabkan pendidik harus melewatinya dengan berbagai cara seperti menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik serta model pembelajaran yang mendukung.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini Tantangan yang ada segera diselesaikan dengan baik oleh saya di antaranya yaitu:

1. Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi

Saya lebih intens lagi dalam membimbing peserta didik yang belum memahami tugas yang akan dilakukan, agar peserta didik yang masih pasif dalam kegiatan diskusi dapat berperan aktif di kelompoknya.

2. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas.

Saya mendampingi dan memberikan contoh kepada peserta didik baik individu maupun kelompok bagaimana cara mempresentasikan hasil laporan kelompok dan tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada peserta didik atau kelompok yang sudah tampil.

3. Berkaitan dengan anggapan peserta didik belajar menyusun cerpen itu sulit sehingga membuat peserta didik tidak bersemangat dalam menerima pelajaran

Pada kegiatan pendahuluan pembelajaran saya memberikan motivasi dan apersepsi yang bisa membuat peserta didik lebih bersemangat dalam belajar teks cerpen.

4. Dalam berdiskusi kelompok ,masih di dominasi oleh siswa yang pandai sehingga pekerjaan hanya diselesaikan oleh siswa yang pandai.

Guru terus memberikan bimbingan kepada siswa-siswa yang belum memahami dalam menyusun teks cerpen

Langkah-langkah yang lain juga diambil antara lain,

1. Berkaitan dengan model pembelajaran

Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terdiri dari 6

sintaks pembelajaran yaitu:

Sintaks 1: Penentuan Pertanyaan Mendasar

Sintaks 2: Mendesain Perencanaan Proyek Peserta didik

Sintaks 3: Menyusun jadwal penulisan proyek

Sintaks 4: Memonitoring Peserta didik dan kemajuan proyek

Sintaks 5: Menguji Hasil

Sintak 6 : Mengevaluasi Pengalaman Belajar

dari model pembelajaran yang dipilih dari mulai tahap satu sampai tahap akhir yang dituangkan dalam kegiatan pembuka, inti dan penutup.

2. Berkaitan dengan bahan ajar dan media ajar

Saya menggunakan bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk mengukur ketercapaian belajar peserta didik.Saya menggunakan PPT dan aplikasi anyflip yang ditampilkan lewat LCD proyektor sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

3. Berkaitan dengan penilaian

Saya juga menggunakan lembar penilaian untuk menilai secara keseluruhan dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?Apakah hasilnya efektif?Atau tidak efektif? Mengapa?Bagaimanarespon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan,Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat membuat pemahaman peserta didik lebih baik dan peserta didik lebih termotivasi terhadap pembelajaran menyusun teks cerpen di kelas IX SMP Negeri 13 Cirebon. Peserta didik bersemangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran, karena pada saat pembelajaran peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok serta per kelompok mampu menyusun teks cerpen yang diberikan oleh pendidik. Hasil yang didapatkan selama proses pembelajaran sangat efektif karena pemilihan model dan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, respon dari lingkungan sekitar yaitu teman sejawat dan kepala sekolah memberikan respon positif. Faktor yang menunjukkan bahwa model pembelajaran yang telah dilakukan berhasil adalah dengan pemahaman peserta didik dalam belajar dan hasil belajar. Oleh karena itu,dengan Model Project Based learning yang dipadukan dengan aplikasi anyflip gambar berseri dan media pembelajaran yang menarik, akan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen best practicenya, Bunda. Salam literasi

10 Dec
Balas



search

New Post