Sesmi Anggia

Sesmi Anggia, S.Pd. Lahir di Kota Gelamai Payakumbuh tepatnya Koto Nan Gadang, 27 Juli 1963. Bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Kec. Payakumbuh Kab...

Selengkapnya
Navigasi Web
'Pondok Asa Kreatif, Punya Cerita'

'Pondok Asa Kreatif, Punya Cerita'

Kunjungan guru-guru dari Tanah Datar memadati ruang baca di Pondok Asa Kreatif miliknya Sesmi Anggia sebelum libur semester ganjil 2023 ini. Tepatnya di hari Sabtu sebelum siang, sebuah bus pariwisata sudah parkir tak jauh dari lokasi. Sejumlah 33 guru termasuk tenaga administrasi dan kepala sekolah, mengisi daftar pengunjung di pintu masuk pondok tersebut. Pada pukul 09.45 Wib setelah semua tamu berkeliling mengunjungi ruang-ruang yang tersedia termasuk laporan ke kamar kecil yang juga tersedia di sudut belakang, barulah acara dibuka oleh Muhammad Nur, M.Pd guru SMP 2 Tanah Datar dengan alunan pantun yang mendayu-dayu. Maksud dan tujuan kunjungan tentunya diutarakan langsung pembawa acara. Di antaranya rekan seprofesi ingin menimba serta berbagi pengalaman perihal pembelajaran yang menarik bagi siswa di sekolah. Begitu juga yang terkait dengan literasi, karena di pondok baca Asa Kreatif tersebut sudah taka sing lagi bagi guru-guru Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, bahkan edisi Sumbar pernah memprogramkan kegiatan di sana. Ketika itu bertepatan dengan lounching pondok baca oleh Dinas Pendidikan Limapuluh Kota, Ibu Hj. Indrawati, S.Pd, M.MPd yang didampingi oleh Ibu Eldawati, M.Pd selaku pengawas pendidikan di saat itu. 

Beberapa media sudah disuguhi ke pada tetamu yang langsung dipraktikan oleh para guru ketika itu. Semuanya tentu yang berkaitan dengan pembelajaran yang menarik perhatian anak didik. Tidak dapat dipungkiri, jangankan menarik oleh anak didik, para guru pun tidak merasa jenuh mencoba belajar dan belajar. Di antaranya, ada berupa tayangan dengan variasi yang masing-masingnya beda daya pikatnya. Seumpama, menggelar acara rangking satu dengan peralatan papan tulis kecil, spidol, dan tisu untuk menghapus tulisan. Peserta tentunya akan duduk berjejer sejumlah 20-30 orang. Ini semua juga rebutan ingin mencoba, dan terbuktilah dengan belajar menggunakan media pembelajaran akan terasa lebih disenangi. Ada juga media teka teki silang secara manual (di kertas) dan ada yang ditayangkan melalui media IT untuk dikerjakan secara kelompok, sungguh sangat menarik untuk dibelajarkan pada siswa di kelas atau ruang terbuka, tergantung situasi ketika itu. 

Terakhir, media scramble di bentangkan di meja di pondok Asa Kreatif sejumlah 4 kelompok dengan anggota perkelompoknya 2 orang. Terbukti jelas ketika itu, bahwa semua peserta atau guru mau mencoba, sehingga dilakukanlah suit jari yang menang bisa langsung bermain, kalah menunggu giliran. Kegiatan berlangsung hampir lebih kurang 2 jam, tapi terasa singkat sekali karena semua menyatakan sungguh menyenangkan. 

Sebelum acara ditutup, kepala sekolah menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Sesmi Anggia perihal kepuasan pencapaian program kegiatan yang dilakukan di pondok Asa Kreatif dengan luncuran pantun-pantun yang tak kalah dari pantun Bapak M. Nur sebelumnya. Begitu juga imbauan kepada para guru oleh kepala sekolah, dengan ilmu yang telah diperoleh tidak boleh didiamkan saja. Akan tetapi, haruslah dikembangkan agar bermanfaat bagi kemajuan pendidikan sesuai tujuannya yakni; “Pendidikan memiliki tujuan utama untuk menjadi media dalam melakukan pengembangan potensi dan mencerdaskan manusia agar siap menghadapi kehidupan di masa akan datang”. Makanya, untuk memancing minat peserta didik, gurulah yang diutamakan mencari serta memproses kegiatan tersebut dengan kreativitas yang menarik perhatian siswa. Tidak sia-sia kita meluangkan kesempatan hadir ke pondok Asa Kreatif ini yang didampingi Ibu Sesmi Anggia, untuk menggali ilmu yang kreatif, inovatif dan dengan spontan kita acungkan jempol serta doa terbaik buat beliau. Semoga sehat dan selalu menebarkan kebaikan terutama di lingkungan pendidikan, terima kasih Ibu. Kalimat penutup yang sempat menggetarkan sanubari pendengar ketika itu, yang diiringi dengan ungkapan Aamiin Yarabbal’alamin. 

Tuan rumah, Sesmi Anggia juga menuturkan beberapa kalimat sebagai ulasan penyampai kepala sekolah serta rekan guru dari Tanah Datar tersebut. Tak lain tentunya ucapan terima kasih serta mohon maaf dari segala kekurangan. Setelah acara ditutup oleh pembawa acara Muhammad Nur, M.Pd, dilanjutkan foto bersama. Terima kasih, semoga bermanfaat. ***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post