Kanalisasi Kelas Youtube dalam Pembelajaran Biologi
Pembelajaran Biologi akan lebih menarik jika memuat audio visual dan psikomotorik, karena siswa lebih tertarik mengamati objek benda secara langsung dan kontekstual. Untuk dapat menarik pembelajaran biologi dikelas banyak strategi pembelajaran yang dipakai untuk memudahkan komunikasididalampembelajaran.Pada era global seperti sekarang hampir semua siswa memanfaatkan aplikasi di Internet untuk berbagai keperluan. Diantaranya melalui Youtube. Salah satu kehandalan siswa zaman now adalah terbiasa dengan pemanfaatan laman Youtube untuk aktifitas mereka. Pemilihan model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran Biologi berpusat pada siswa perlu dilakukan agar penguasaan konsep konsep Biologi dapat berjalan. Diluar pandangan tentang efek positif dan negatif penggunaan Youtube oleh siswa, maka perlu diberdayakan pemanfaatan Youtube ini untuk mendukung pembelajaran Biologi yang menyenangkan. Pada saat pembelajaran Biologi kadang pendidik masih mendapati ada beberapa peserta didik yang mengoperasikan Android yang mereka bawa di kelas namun bukan digunakan untuk kepentingan pembelajaran melainkan untuk mengakses untuk kepentingan tertentu.Agar perilaku negatif ini dapat dicegah dengan menciptakan Joyful learning melalui kanalisasi kelasYoutube.
Kanalisasi kelas Youtube adalah tempat atau chanel diYoutube yang dipakai sebagai dokumen chanel kelas untuk mendukung pembelajaran Biologi dikelas. Chanel kelas ini diambil dari kumpulan video pembelajaran biologi dikelas yang dapat dimanfaatkan untuk dokumen pembelajaran Biologi di kelas.
Strategi pembelajaran ini bertujuan agar peserta didik memiliki motivasi yang tinggi selama proses pembelajaran. Pendidik perlu menerapkan Kanalisasi pembelajaran melalui aplikasi Youtube yang dapat diakses di HP atau android pesertad idik di akhir pembelajaran. Kanalisasi Youtube merupakan komunikasi efektif agar peserta didik memiliki kemampuan mengeksplor kemampuan belajarnya ketika harus belajar. Melalui Kanalisasi Youtube dalam Biologi peserta didik dapat mengembangkan materi-materi Biologi yang telah mereka dapatkan dari pembelajaran di kelas bersama pendidik dan peserta didik lebih tertantang untuk menginformasikan apa yang telah mereka kuasai kepada teman sebaya melalui aplikasi Youtube sehingga akan semakin banyak yang memahami materi tersebut. Akses kanalisasi Youtube ini harus mudah dilihat sehingga dapat meningkatkan minat terhadap pembelajaranbiologi yang ujungnya akan meningkatan penguasaan konsep-konsep Biologi.
Banyak hal yang dapat dilakukan dalam kanalisasi kelas Youtube seperti untuk dokumen tutorial sebaya, diskusi presentasi materi pembelajaran biologi, literasi sebelum KBM Biologi, mengerjakan soal, praktikum, jelajah alam sekitar biologi dll. Pemanfaatan kanalisasi kelas Youtube dapat terintegrasi di E Learning, E Modul aplikasi pembelajaran lain yang bermanfaat untuk siswa. Setiap kelas yang mempunyai kanal Youtube untuk pembelajaran, sangat membantu untuk dapat melihat atau mengulang kembali materi penguatan pembelajaran yang ada di kanal kelasYoutube.Apalagi dunia pendidikan harus bersiap memasuki Revolusi Industri 4.0 yang bercirikan berkembangnya internet yang diikuti teknologi baru dalam data sains, robotik, kecerdasan buatan, dan teknologi nano yang akan mendisrupsi inovasi teknologi sebelumnya.Bahkan untuk guru dapat dimanfaatkan sebagai jaringan komunikatif pembelajaran dengan siswa di masing-masing kelas.
Harapannya melalui kanalisasi kelasYoutube biologi dapat menjadi bahan ajar opsional untuk pengembangan pembelajaran biologi yang interaktif, menyenangkan. Untuk itu guru perlu banyak belajar tentang pemanfaatan pembelajaran ini dalam rangka mendukung pembelajaran Biologi zaman now agar tidak ketinggalan dalam inovasi pembelajaran yang terus menerus dilakukan untuk kepentingan anak.Ini bukan suatu tantangan tetapi sebuah kapabilitas nyata seorang guru untuk mau dan terus mengembangkan kompetensi keilmuannya untuk menghadapi dunia nyata dalam persaingan global.Kanalisasi kelas Youtube bisa jadi menjadi jawaban salah satu tugas guru untuk mendukung pembelajaran Biologi yang menyenangkan, dinamis di kelas.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Tulisan yang informatif dan inspiratif. Saya, masih belum faham betul masalah kanalisasi kelas youtube ini. Selama ini, saya hanya menggunakan video pembelajaran yang ada di youtube untuk mendukung proses pembelajaran di kelas. Semoga ada tulisan berikutnya yang menjelaskan pemanfaatan kanalisasi kelas youtube ini, semisal menceritakan "action" ketika di dalam kelas. Terus terang, Pak Guru. Saya ini termasuk gaptek. Tetapi ingin belajar. Jazakallah khoir untuk tulisan informatif ini. Salsm sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.