Setyo Nugroho

Lahir dan menetap di Demak, 30 April 1974, sekarang aktif mengajar Biologi di SMA Negeri 1 Demak...

Selengkapnya
Navigasi Web

Visioner Merdeka Belajar Biologi Dengan Market Sains

Sudah beberapa tahun pelaksanaan Kurikulum Merdeka dengan membawa banyak solusi dan tantangan pemenuhan proses interaksinya. Sebagai bagian dari pelaku sekaligus penggiat pembelajaran tentunya menjadi sebuah tantangan besar kita bagaimana kita dapat mengeloal pembelajaran yang benar-benar memenuhi kebutihan dan berpusat pada murid/Agency Student. bukan apa-apa dan bukan siapa siapa jika paradigma perubahan ini hanya menjadi slogan regulatif saja melaikan ada sebuah makna yang metaforis dalam meningkatkan peran aktif guru untuk terus dan terus tergerak bergerak dan menggerakan semua potensi diri dan berkolaborasi dengan murid demi tercapainya tujuan pembelajaran seutuhnya. Pelaksanaan pembelajaran di Kurikulum Merdeka diakhir semester perlu ada evaluasi dan manajemen pembelajaran. Bagaimana Pemilihan topik P5 khususnya mata pelajaran Biologi dapat menyesuaikan dengan kekuatan dan potensi dari murid untuk dapat dikembangkan. Salah satu hal yang dapat menjadi sebuah gagasan implementatif dengan membudayakan P5 dengan Market Sains. Apa itu Market Sains? Kolaborasi antara sains dan marketing bukan lagi hal yang mustahil, saat ini bidang penelitian neuromarketing tengah dikembangkan. Neuromarketing merupakan bidang yang menggabungkan antara neuroscience (ilmu yang mempelajari anatomi dan fisiologi bagian otak) dan perilaku konsumen (consumer behavior) dalam marketing, untuk mengetahui bagian otak yang dapat memengaruhi pengambilan keputusan konsumen.Penulis mengambil sisi lain dalam penerapan market sains biologi dalam P5, sejak awal bagaimana murid dibudayakan berfikir kritis melalui tingkatan berfikir C4 dan seterusnya ada produk sains yang dapat dihasilkan dalam karya murid selama proses kegiatan P5, murid tidak hanya mempunyai jiwa enteprenership tetapi harus memiliki kemampuan ide -ide kreatif solutif tentang materi dan yang konsep yang dipelajari. Christopher Leblanc dalam artikelnya yang berjudul “How Neuromarketing Breaks the Barrier on Consumer Testing”, mengatakan bahwa dalam proses pengambilan keputusan manusia—termasuk emosi, komponen terbesarnya terjadi secara tak sadar yang diatur oleh sistem limbik di otak. Bagaimana memfarasekan semua ide-ide tersbut untk menjadi katalis terciptanya produk sains bagi murid. Guru Biiologi dapat memfasilitasi kerja individu ataupun kelompok ini dengan banyak mengambil referensi dari Jurnal atau pangkalan resmi seperi jurnal ristekdikti, garba garuda dll, Mengapa ini sangat perlu dilakukan?Murid suadh sejak dini dikelas X mengenal jurnal penelitian seperti ini untuk dapat berfikir kritis dan mengambil keputusan yang tepat terhadap bahan P5 apa saja yang dapat dibutuhkan. Jika semua ini interaksi ini terjadi maka praktek pelaksanaan kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasiila dengan berbagai tema apapun dapat dikemas dan terintegrasi dalam Market Sains, dengan produk karya karya murid inovatif yang pada tujuan akhirnya memberikan pengalaman kontekstual pembelajaran sekaligus menciptakan budaya positif menjadi murid peneliti. Penulis yakin kalau konsep dan ide pemanfaaatan P5 Biologi dengan market sains ini dapat menjadi role model interaktif pengelolaan dan manajemen berfikir kritis murid di sekolah. Daya dukung seorang guru sebagai fasilitator dan dinamisator sungguh merupakan bentuk Langkah nyata memberikan sebuah percepatan pembelajaran yang bermakna. Banyak hal yang bisa digali dari Market Sains ini diantaranya mengidentifikasi Tujuan dari masing-masing tema di P5 kemudian ada Langkah rencana aktifitas dan produk apa yang dapat dimasukan sebagai bahan bagi mengkatalis ide kreatif murid. Pelaksanaaan P5 dapat dikemas secara solutif sains tidak hanya produk kerajinan, makanan tetapi semua dikemas dalam produk sains untuk menjadi kebaruan. Proses penyampaian Market Sains dapat dilakukan dengan berbagi antar kelompok, diseminasi pleno dari maisng-masing kelompok. Jika hal ini dapat diciptakan maka sungguh akan terjadi lompatan bersar berfikir dan berkreasi menuju Pembelajaran Biologi yang unik, menyenangkan, berhasil guna dan student kompetiitif. Semua bisa jika kita biasa. Karena dari bukan apa-apa menjadi hal yang luar biasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post