Shanti Ardhini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Dialog Tag

Dialog tag bersifat *NETRAL* :

ujar, ucap, kata, cetus, tutur, ungkap, tandas, tanya, sapa, panggil, pungkas, tegas, ajak, pinta.

*Netral sebagai respons:*

sahut, jawab, balas, terang, sela, tukas, potong.

*Ada emosi:*

sindir, ejek, hina, cela, kelakar, canda.

*Emosi bernada tinggi:*

teriak, jerit, raung, seru, sergah, murka

*Emosi bernada rendah:*

bisik, gumam, lirih

Dan lain-lainnya.

Yang perlu diingat adalah, *Dialog tag* itu *selalu diawali dengan huruf kecil*.

Contoh kalimat :

"Andaikan kamu tahu, Aishwara," *lirih* kalimat itu terucap dari mulutnya.

Sebelum dialog tag, selalu diiringi dengan *tanda koma*.

Ingat, kata dalam dialog tag tidak memakai tanda titik di akhir kalimat. Tapi memakai *tanda koma*, atau tanda baca lain seperti *tanda seru* dan *tanda tanya*.

"Andra!" bentaknya keras.

"Iya, betul. Aku memang akan terus begini," gumamnya pada diri sendiri.

"Ke mana kamu akan pergi, Andra?" tanyanya penuh kekhawatiran

.*Contoh salah* ❎ :

"Kamu mau ke mana?" Tanyanya keras.

"Dasar tidak tahu diri!" Teriaknya memekakkan telinga.

"Aku tidak tahu jawabannya, Andra." Balasnya sendu.

Yang di atas jangan dipakai lagi ya. Mulai sekarang pakai dialog tag dengan benar.

----------------------------------

Selain dialog tag, maka kalimat ditutup dengan *tanda titik* seperti biasa. Contoh :

"Panggilkan dia sekarang juga!" *Aishwara* berteriak pada Andra, tepat di depan muka.

"Bagaimana kalau kita menikah saja?" *Kalimat* itu membuat bulu kuduk Ara berdiri seketika.

"Jangan mendekat, Restu! Air itu beracun." *Tatapannya* menyorot tajam, memberikan peringatan.

Bersambung

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post