Shanti Ardhini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Materi Membuat Premis

Bismillahirrahmanirrahim.

*HAL DASAR DALAM MENULIS*

1. _Menentukan ide cerita_

Dari tahap dasar ini, sebenarnya banyak yang masih kesulitan juga. Ingin nulis, tapi ide ceritanya tidak ada. Gimana, coba? 😄

Tentu tidak bisa.

Harus ada ide cerita, sebelum kita menulis sesuatu.

Untuk mempermudah, saya mengutip perkataannya Raditya Dika. Katanya, "Berkomedi itu, ide awalnya pasti berawal dari *keresahan* *hati* *seseorang* . Berawal dari keresahan, lalu dikemas *dalam bentuk lain* ."

Berkomedi di sana, saya artikan dalam hal yang sangat luas. Bukan hanya berkomedi saja, tapi menulis pun demikian.

Jadi, ide cerita bisa ditemukan dari *keresahan hati diri sendiri*. Karena ini adalah hal yang paling dekat dengan kita.

_Nyarinya jadi gak ribet, ya kan?_ Tinggal numpahin perasaan sendiri saja. Lalu selesai.

Contohnya gimana?

Contoh, teman-teman di sini pasti pernah punya masa lalu yang tidak menyenangkan. Terasa getir kalau diingat, dan mengganjal jika tidak diluapkan.

Coba teman-teman curhat dijadikan status. Saya yakin akan mengalir dan isinya panjang walaupun belum paham kaidah menulis. Yang membaca pun akan ikut menikmati dan larut karena isi tulisannya lepas dan penuh rasa.

Premisnya berawal dari keresahan yang dialami diri sendiri.

Atau, bisa juga pengalaman paling menyenangkan dan bahagia. Diluapkan dalam bentuk tulisan, menjadi sesuatu yang juga mengandung "rasa" ketika dibaca.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post