Shanti Ardhini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Opening dan Ending

*OPENING & ENDING*

Dua hal ini, opening dan ending, adalah elemen penting dalam tulisan (menurut sayah hehe). Entah itu cerpen, novel, atau pun penggalan-penggalan cerbung.

Karena dari dua hal itulah, pembaca akan memutuskan untuk melanjutkan cerita, atau berhenti saja. Saya menyebutnya *critical seconds*. Yaitu detik-detik krusial di mana keputusan sepenuhnya ada di tangan pembaca.

Menurut saya, penting buat penulis mengetahui hal ini. Yaitu trik agar pembaca betah dengan cerita yang sedang kita tulis. Karena apalah artinya penulis tanpa pembaca, yes? Bagai sayur kurang garam kurang enak kurang sedap.

Semua yang di sini, kan, pasti berawal dari pembaca, ya? Suka sadar gak, hal apa yang bikin kita itu terus-terusan scroll satu cerita, atau terus-terusan buka halaman buku, sampai gak kerasa tau-tau udah ending!

4 jam selesai.

5 jam selesai.

Bahkan 2 jam selesai.

Salah satu faktornya adalah karena opening dan ending ini. Mereka adalah titik "vital" yang membuat pembaca bertahan sampai akhir.

Opening yang memikat, dan ending yang menggebrak.

Di awal, pembaca dibuat penasaran hingga ingin terus melanjutkan, kemudian di akhir part, mereka dibuat semakin gelimpungan karena mau tak mau harus melanjutkan ke ending cerita.

Jadi, keduanya harus epic! Agar pembaca betah melek semalaman demi menuntaskan cerita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post