Shanti Ardhini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Partikel

Hari ini, kita bahas tentang *PARTIKEL*

Apa saja partikel itu?

_-lah, -kah, -tah,

-pun,_ dan - _per_

Khusus untuk _lah, kah,_ dan _tah_ , mereka ditempel dengan kata depannya.

Contoh :

*_Bacalah_* Al-Qur'an itu dengan baik!

*_Apakah_* Uni Elda memang cantik seperti itu?

*_Siapakah_* dia yang ada di sebelahmu?

*_Apatah_* gunanya bermuram durja?

Lah, kah, tah 👉 *menempel* dengan kata pengiringnya. Jangan dipisah.

Sementara partikel _pun_ , (pada dasarnya) ditulis terpisah dengan kata yang mengiringinya.

Misal :

*_Apa pun_* alasannya, kamu tetap salah!

Bila kamu seperti itu, *_aku_* *_pun_* akan melakukan hal yang sama.

Tidak pernah *_satu kali pun_* dia berbicara lembut padaku.

Sebaliknya, partikel _pun_ *harus* disatukan, khusus untuk kata-kata di bawah ini :

**_Ad

Ataupun

Biarpun

Kalaupun

Kendatipun

Maupun

Meskipun

Sekalipun

Sungguhpun

Walaupun**_

Selain dari 11 kata di atas, maka penulisan partikel _pun_ dipisah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post