Shanti Ardhini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Penggunaan Tanda Koma di Akhir Dialog

Penggunaan Tanda Koma di akhir dialog.

Biasanya, digunakan bersamaan dengan dialog tag. Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog. Fungsinya menginformasikan si pengucap kepada pembaca. Selain itu, dialog tag digunakan apabila dialog tersebut isinya tentang pengungkapan sesuatu. Diawali dengan huruf kecil setelah tanda petik, dan ditandai dengan : ujar, kata, pekik, sambung, tukas, ungkap dan lain sebagainya.

Contoh salah ; "Aku yang membuang kucing itu." Ungkap Ana.

Contoh benar : " Aku yang membuang kucing itu," ungkap Ana.

Coba perhatikan, contoh awal tanda bacanya adalah (.) Yang seharusnya(,).

Kemudian, huruf awal setelah dialog adalah besar. Padahal seharusnya huruf awalnya adalah kecil.

Perhatikan contoh berikut:

Contoh salah : Irma berkata. "Sepeda barumu kupinjam."

Contoh benar : Irma berkata, "Sepeda barumu kupinjam."

Nah, Frase sejenis "ungkap Ana" dan "Irma berkata" itulah yang disebut dengan *Dialog tag*.

Apabila dialog tagnya berada di awal seperti contoh Irma, maka setelah kata "Irma berkata" diberi tanda baca (,) baru kemudian memulai dialog dan diakhiri dengan tanda baca (.) sebelum tanda kutip penutup sebagai tanda baca.

Apabila dialog tag berada di akhir seperti contoh Ana, maka gunakan tanda baca (,) sebelum tanda kutip penutup dalam dialog.

Catatan : Ingat. Huruf awal setelah dialog adalah huruf kecil.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mau tanya dong kak. Ada dialog tapi tidak di awali dialog tag itu gimana? Contohnya seperti ini."Arthan, Mama mau bicara sama kamu." Remaja laki-laki tersebut menoleh ke arah wanita paruh baya di belakang sana.Nah di akhir dialog itu Koma atau titik kak?

19 Sep
Balas



search

New Post